PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 3 YOGYAKARTA

APRILIA TRI SUGIARTI, NIM. 11410061 (2016) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
11410061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 3 YOGYAKARTA)
11410061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

APRILIA TRI SUGIARTI. Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya proses penilaian sebagai proses untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan belajar peserta didik. Dengan diterapkannya kurikulum 2013 proses penilaian yang dilakukan sifatnya menyeluruh meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian tersebut dikenal dengan penilaian autentik. Oleh karena itu ingin diketahui bagaimana penerapan penilaian autentik di SMAN 3 Yogyakarta. Yang menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI dan apakah penerapan penilaian autentik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan data dari dokumentasi RPP, kemudian melakukan observasi pembelajaran dan yang terakhir melakukan wawancara sebagai bentuk konfirmasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi metode. Trianggulasi dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian dengan menggunakan metode yang berbeda-beda pada sumber data yang sama. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Analisis data diawali dengan mereduksi data-data yang telah dikumpulkan kemudian menyajikan data yang berupa analisis tentang hasil penelitian dan menyimpulkannya berupa hasil tentang penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Penilaian autentik dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan berbagai cara yaitu, (a) aspek pengetahuan diterapkan melalui tes tulis, tes lisan, dan tugas, (b) aspek sikap diterapkan melalui penilaian diri, observasi dan jurnal, (c) aspek keterampilan diterapkan melalui penilaian praktik dan proyek. 2) Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik sebagian besar sudah mencapai batas KKM yaitu 75. Hasil yang diperoleh dari penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI adalah pada aspek pengetahuan peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pada aspek sikap perilaku peserta didik terkontrol dengan baik kearah yang positif dan pada aspek keterampilan, kemampuan peserta didik menjadi meningkat karena proses penilaian yang autentik. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian autentik dalam Pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:32
Last Modified: 11 Mar 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum