MOTIF SOSIAL JAMA’AH MAJELIS AL-UKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN MALAM MINGGU KLIWON DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

AHMAD ASLAMUL FAIZIN, NIM. 11540002 (2015) MOTIF SOSIAL JAMA’AH MAJELIS AL-UKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN MALAM MINGGU KLIWON DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF SOSIAL JAMA’AH MAJELIS AL-UKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN MALAM MINGGU KLIWON DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11540002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MOTIF SOSIAL JAMA’AH MAJELIS AL-UKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN MALAM MINGGU KLIWON DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11540002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (749kB)

Abstract

Majelis Al-Ukhuwwah Lî At-Ta’lîm Wal-Mudzakarah adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan yang berada di Dusun Tajem, Maguwoharjo. Komunitas ini merupakan komunitas yang bergerak di bidang dakwah dan memadukan unsur kebudayaan seni musik tradisional Islam dan kesenian-kesenian lainnya. Individu-individu maupun kelompok-kelompok yang terlibat dalam majelis ini terdiri dari kalangan anak-anak, remaja, orang tua santri, mahasiswa dan masyarakat umum. Komunitas ini juga dikenal sebagai komunitas yang memiliki jama’ah yang beragam dan memiliki ciri khas tersendiri dalam mengemas acara dalam setiap pengajiannya. Sehingga penulis tertarik untuk mengangkat persoalan motif sosial jama’ah yang hadir dalam pengajian dan faktor-faktor apa saja yang mendorong munculnya motif dalam Majelis Al- Ukhuwwah Lî At-Ta’lîm Wal-Mudzakarah. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan melalui metode pengumpulan data: interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang telah terkumpul menggunakan metode deskriptif dan penjelasan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif, penulis menganalisa dengan menggunakan teori motif sosial oleh Sharief teori dan Thedore M. Newcom tentang faktor-faktor yang menimbulkan munculnya motif sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif sosial jama’ah dalam Majelis Al- Ukhuwwah Lî At-Ta’lîm Wal-Mudzakarah ada bermacam-macam, yaitu motif biogenetes, motif sosiogenetes dan motif theogenetes, namun motif yang paling dominan yaitu motif sosiogenetes dan motif theogenetes. Motif sosiogenetes karena jama’ah yang hadir ingin melakukan interaksi sosial dengan jama’ah yang lain. Sedangkan motif theogenetes karena jama’ah yang hadir berasumsi bahwa dengan mengikuti acara keagamaan seperti ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rasulnya. Adapun munculnya motif sosial jama’ah meliputi beberapa faktor yaitu: pengamatan (perception), pemikiran (thought) dan perasaan (affect). Semua ini dilakukan secara berulangulang karena jama’ah merasa nyaman dengan apa yang pernah jama’ah alami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Motif sosial, JAMA’AH MAJELIS AL-UKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Mar 2016 08:16
Last Modified: 08 Mar 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum