RASIONALITAS NILAI–NILAI AGAMA DAN KONSTRUKSI SEKSUALITAS INDIVIDU GAY (Studi Kasus terhadap Komunitas Gay di Yogyakarta)

DENI NOVIANTORO, NIM. 11540061 (2015) RASIONALITAS NILAI–NILAI AGAMA DAN KONSTRUKSI SEKSUALITAS INDIVIDU GAY (Studi Kasus terhadap Komunitas Gay di Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS NILAI–NILAI AGAMA DAN KONSTRUKSI SEKSUALITAS INDIVIDU GAY (Studi Kasus terhadap Komunitas Gay di Yogyakarta))
11540061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS NILAI–NILAI AGAMA DAN KONSTRUKSI SEKSUALITAS INDIVIDU GAY (Studi Kasus terhadap Komunitas Gay di Yogyakarta))
11540061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seksualitas dianggap sebagai topik sensitif yang pantang dibicarakan secara terbuka diruang publik. Keengganan untuk membicarakan seksualitas mencerminkan sikap yang hanya melihat seksualitas dari segi moral, agama, dan norma budaya. pandangan negatif mengenai homoseksual inilah yang menyebabkan homoseksual cenderung tidak diterima masyarakat, rentan mengalami diskriminasi, cemooh serta sanksi-sanksi sosial lainnya. Sejumlah keberatan terhadap perilaku homoseksual sebagian besar adalah karena alasan keagamaan.Penolakan serta diskriminasi masyarakat terhadap kaum homoseksual yang berupa tuntuan untuk menjadi heteroseksual dalam seluruh aspek kehidupan melatarbelakangi keputusan sebagian kaum homoseksual dalam seluruh aspek menyembunyikan keadaan orientasi seksualnya dari masyarakat sehingga orangorang yang memiliki orientasi seksual homoseksual memilih untuk menutupi orientasi seksualnya secara sosial, adat, dan hukum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan degan metode kualitatif dan studi kasus.Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua, data primer dan data sekunder, data primer yaitu obyek mentah dari pelaku “ first hand information” seperti pendiri dan anggota komunitas Gay. Sedangkan data sekunder meliputi tentang berbagai referensi yang berkaitan.Penelitian ini mengunakan teori rasionalitas Max Weber dan pemikiran Irwan M Hidayana tentang konstruksi seksualitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai agama yang dimaknai oleh komunitas gay dikelompokkan menjadi empat jenis rasionalitas.Pertama,Rasionalitas Praktis dalam kegiatan ibadah yang dipandang wajib oleh salah satu komunitas gay yaitu berjualan saat bulan puasa.Kedua, Rasionalitas Teoritis komunitas gay tentang konsep Tuhan yang diyakininya sebagai Maha yang mengatur segalanya, termasuk menjadi gay merupakan takdir Tuhan. Ketiga, Rasionalitas Substantif terhadap nilai-nilai agama dapat dilihat dari komunitas gay yaitu dengan berbakti dengan orang tua dan membantu orang tua sama halnya menaati perintah agama. Keempat, Rasionalitas Formal komunitas gay dalam mematuhi peraturan yang tetapkan oleh pemerintah.Kemudian konstruksi seksualitas pandangan Irwan M Hidayana yang meliputi nilai, tindakan dan orientasi seksual yaitu kaum gay juga memiliki hasrat untuk membangun keluarga. Fenomena gay menikah hanya untuk menutupi jati dirinya dan tidak menutup kemungkinan setelah mereka menikah masih memiliki hasrat untuk mencari laki-laki lain. Ketika kaum gay menikah, salah satu hal yang kemungkinan terjadi yaitu terdapat tekanan batin. Masyarakat hanya melegalkan orientasi heteroseksual, selain itu dianggap sebagai penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endang Priyatna S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: gay, nilai - nilai agama
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Mar 2016 08:16
Last Modified: 08 Mar 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum