PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

FADLI RAIS, NIM. 11410055 (2016) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
11410055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
11410055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)

Abstract

FADLI RAIS. Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Budaya Untuk Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunana Kalijaga, 2015. Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk meningkatkan prestasinya termasuk dalam pembelajaran PAI. Namun siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan kurang termotivasi jika pembelajaran PAI hanya menggunakan metode ceramah karena pembelajaran PAI dengan metode ceramah dirasa membosankan, monoton, kurang menarik dan kurang memotivasi belajar siswa. Maka dari itu, kini proses pembelajaran menggunakan sumber belajar berbasis budaya tengah dilakukan di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Begitu juga dalam pembelajaran PAI juga menggunakan sumber belajar berbasis budaya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar generasi muda mampu menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada, pembelajaran lebih menarik, memotivasi belajar siswa, serta mampu meningkatkan prestasi siswa. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana proses proses pemanfaatan sumber belajar berbasis budaya untuk memotivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta, dan apa yang menjadi faktor penghambat pemanfaatan sumber belajar berbasis budaya dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, yaitu dengan cara mengecek data kepada beberapa sumber yang berbeda. Data yag diperoleh dengan wawancara dari beberapa sumber di deskripsikan, di kategorikan, dan di analisis oleh peneliti, sehingga menghasilkan suatu kesimpulan selanjutnya dimintakan kesepakatan dengan sumber tersebut. Analisis data dilakukan dengan cara pengolahan data sedemikian rupa dari data yang telah di dapat. Setelah diolah kemudian mereduksi data, dipilih, dan disederhanakan. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk teks nararif. Dan terakhir adalah menarik kesimpulan atau verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pemanfaatana sumber belajar berbasis budaya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Banguntapan ialah menggunakan wayang punokawan (contoh: wayang semar, petruk, gareng, dan bagong), gamelan, karawitan, panembrono, seni tari ambatik, seni tari mudad midut, budaya salam-salaman setiap pagi hari sebelum masuk ke dalam kelas dan ketika akan pulang sekolah, dan seloga-selogan yang bertuliskan dengan aksara jawa dan bahasa Jawa yang berisi nasihat dan semangat belajar. Dalam proses pembelajaran dikalas, guru menggunakan wayang untuk menyampaikan materi, menonton video mengenai pesan moral yang berbahasa jawa, melantunkan tembang jawa, bersalaman kepada guru dikelas masing-masing sebelum pulang sekolah. Adapaun yang dilaksanakan dilaur kelas adalah memainkan gamelan, seni tari, salam-salaman dengan guru ketika masuk gerbang sekolah pagi hari, (2) Faktor penghambat pemanfaatan sumber belajar berbasis budaya dalam pembelajaran PAI antara lain : terdapat beberapa sumber belajar berbasis budaya yang belum dikuasai oleh guru PAI, keadaan sosial ekonomi peserta didik, tidak semua kompetensi dasar pada pembelajaran PAI dapat disampaikan melalui suumber belajar berbasis budaya, dan terdapat banyak siswa yang belum dapat memanfaatkan sumber belajar berbasis budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 09:50
Last Modified: 11 Mar 2016 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum