PENDIDIKAN HUMANIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL

HENDIKA APRILIANI, NIM. 12410190 (2016) PENDIDIKAN HUMANIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HUMANIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL)
12410190_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HUMANIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL)
12410190_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)

Abstract

HENDIKA APRILIANI.Pendidikan Humanis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas X MAN Gandekan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap pendidikan yang berlangsung selama ini. Dalam pembelajaran di sekolah, ranah afektif kurang memperoleh perhatian oleh praktisi pendidikan. Mereka lebih mengutamakan ranah kognitif dan psikomotorik sehingga peserta didik tumbuh cerdas secara kognitif tanpa disertai kepribadian yang cerdas. Selain itu, siswa mengalami tekanan, mulai dari banyaknya materi pelajaran yang harus dikuasai, hingga menjadikan mereka layaknya hanya objek dalam pendidikan. Melihat permasalahan yang telah disebutkan, maka pendidikan humanis menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi problem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip humanis yang telah diterapkan, pelaksanaan pendidikan humanis , dan hasil pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Gandekan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada pembelajaran guru dan peserta didik telah melakukan prinsip-prinsip pendidikan humanis, yaitu dalam pembelajaran menganut prinsip bahwa manusia adalah makhluk termulia yang melebihi makhluk-makhluk lain seperti malaikat, jin, setan, dan hewan; manusia memiliki kemampuan berpikir dan merenung; adanya perbedaan perseorangan; manusia memerlukan sosialisasi di antara mereka. (2) Pendidikan humanis dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran fiqih menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan proses pembelajaran yang humanis. Proses pembelajaran telah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi pengalaman; terjadinya interaksi dua arah; menghargai orang lain; pembelajaran yang mendorong berkembangnya potensi peserta didik.Ketika pembelajaran Fiqih, guru dan siswa sudah menerapkan 9 sub model dari model humanizing the classroom, yaitu: Model Pengembangan Ego, Model Pemecahan Hambatan Moral , Model Penjernihan Nilai (aktif menilai diri), Model Identitas Diri, Model Pengambilan Keputusan (pertemuan kelas), Model Pengarahan Diri , Model Relasi Kemanusiaan, Model Integrasi Kesadaran , Model Pengobatan Diri (psikosintesis). (3) Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Fiqih di MAN Gandekan Bantul semakin meningkat. Siswa menjadi tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, selalu berusahan berprestasi , rajin belajar, penuh semangat, dapat mempertahankan pendapatnya, mengejar tujuan-tujuan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanis, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Mar 2016 11:32
Last Modified: 14 Mar 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum