COPING STRATEGY PADA MAHASISWI YANG HAMIL (STUDI FENOMENOLOGI PADA DUA MAHASISWI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012)

MUCH FAISAL RIDLO, NIM 12220002 (2015) COPING STRATEGY PADA MAHASISWI YANG HAMIL (STUDI FENOMENOLOGI PADA DUA MAHASISWI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COPING STRATEGY PADA MAHASISWI YANG HAMIL (STUDI FENOMENOLOGI PADA DUA MAHASISWI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012))
12220002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (COPING STRATEGY PADA MAHASISWI YANG HAMIL (STUDI FENOMENOLOGI PADA DUA MAHASISWI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012))
12220002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (942kB)

Abstract

Berbagai macam kondisi yang menyulitkan (problematika) mahasiswi yang hamil dalam menjalani kegiatan di bangku perkuliahan menyebabkan diperlukannya kemampuan menyesuaikan diri yang baik dengan lingkungan perkuliahan agar kondisi yang menyulitkan dapat di minimalisisir bahkan diatasi tanpa mengganggu janin yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi adaptasi (coping strategy) guna kelancaran proses perkuliahan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui berbagai macam kondisi yang menyulitkan (problematika) mahasiswi yang sedang hamil, dan juga guna mengetahui pengaruh dari problematika yang ada. selain itu, dari berbagai macam problematika yang ada maka dapat dilihat berbagai strategi adaptasi (coping strategy) dalam mengatasi problema yang dihadapinya. Strategi adaptasi (coping strategy) didefinisikan sebagai cara atau prilaku individu untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang meliputi problem focus coping dan emotional focus coping. Serta respon yang dihadapinya. Problematika dan pengaruh pada penelitian ini mencakup 3 aspek pokok yaitu 1) akademis, 2) psikologis dan 3) sosial. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologi. Dalam penelitian ini menggunakan wawancara yang mendalam sebagai alat pengumpul data. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswi prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga yang hamil pada masa perkuliahan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang mahasiswi, dimana 2 orang mahasiswi ini masih berstatus sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta prodi Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, adanya problematika serta pengaruh pada aspek akademis, psikologis dan sosial yang terjadi pada kedua subjek. Selain itu, ditemukan pula coping strategy yang dilakukan kedua subjek dalam mengatasi problematikanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Coping, Problem, Hamil
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Mar 2016 10:14
Last Modified: 11 Mar 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum