PERAN DOSEN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012

NURJANAH, NIM. 12220022 (2015) PERAN DOSEN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DOSEN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012)
12220022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN DOSEN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012)
12220022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang oleh maraknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam mencapai keberhasilan studinya. Mahasiswa dapat dikatakan mencapai keberhasilan studi ketika mahasiswa tersebut memiliki intelegensi yang tinggi dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dosen Penasehat Akademik adalah seorang Dosen yang diberi tugas untuk membimbing proses akademik mahasiswa, sehingga dapat mencapai keberhasilan studi yang maksimal. Namun yang terjadi di beberapa Perguruan Tinggi peran Dosen Penasehat Akademik hanya sebatas konsultasi dan tanda tangan KRS, sehingga efektifitas peran serta fungsinya menjadi tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Dosen Penasehat Akademik dalam membantu mengatasi masalah yang dihadapi mahasiswa untuk dapat mencapai keberhasilan studi mahasiswa. Sasaran penelitian ini adalah mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2012. Mahasiswa yang dilibatkan sebanyak 8 orang dan Dosen Penasehat Akademik sebanyak 3 orang. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data dengan observasi, Interview, dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dialami mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 yaitu masalah yang berkaitan dengan rasa malas, sulit membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan lain, mengalami kesulitan dalam mata kuliah tertentu, masalah dalam penyelesaian skripsi, masalah pemondokan, dan masalah pertemanan. Peran Dosen Penasehat Akademik yang telah terealisasi dengan baik untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi mahasiswa untuk dapat mencapai keberhasilan studi mahasiswa adalah memberikan pertimbangan pengambilan mata kuliah, menyetujui dan menandatangani Kartu Rencana Study (KRS), mendorong mahasiswa agar dapat menyelesaikan tepat waktu, memantau mahasiswa, membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi mahasiswa, membantu mahasiswa dalam membuat tugas akhir, memperingatkan mahsiswa agar tidak terjebak pada perilaku negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Dosen Penasehat Akademik, masalah mahasiswa, Keberhasilan Studi Mahasiswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:32
Last Modified: 11 Mar 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum