EFEKTIFITAS KLINIK AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL

PUJI RAHMAT, NIM. 11410076 (2016) EFEKTIFITAS KLINIK AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS KLINIK AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
11410076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS KLINIK AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
11410076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PUJI RAHMAT. Efektivitas Program Klinik Akademik Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Pembelajaran Akhlak di SMP Muhmaadiyah Al- Mujahidin. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya masalah terkait Akhlak pada remaja SMP. Masalah tersebut seperti siswa SMP yang berani merokok dan meminum minuman keras, prestasi yang tidak seimbang antara mata pelajaran umum dengan pendidikan Agama, Orang tua lebih menganggap penting prestasi dibidang studi umum dibanding dengan prestasi dibidang Agama. SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari sebagai sekolah teladan di Wonosari yang akan menjadi percontohan mengenai penerapan Klinik Akademik karena terbukti baru berdiri selama 2 tahun mampu menunjukkan keseimbangan prestasi dari siswa di bidang Agama maupun mata pelajaran umum. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara menerapkan Klinik Akademik tersebut dan bagaimana tingkat efektivitas program Klinik Akademik tersebut. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tetang penerapan Klinik Akademik yang efektif dan menganalisis tingkat efektivitas yang ditimbulkan terhadap prestasi dari peserta didik pada Pendidikan Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Klinik Akademik dilaksanakan secara terjadwal dengan melalui prosedur analisis butir soal Ulangan Tengah Semester sebagai acuan pelaksanaan Klinik Akademik (2) Klinik Akademik dalam Pembelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin berjalan efektif dalam meningkatkan prestasi peserta didiknya dengan ditandai oleh ketercapaian nilai KKM oleh peserta Klinik yang mencapai 77%.Selain itu, hasil uji efektivitasnya menunjukkan hasil yang tinggi, yakni pada evaluasi konteks skor yang diperoleh adalah 1330, prosentase skor 70,74% dari skor maskimal dengan kriteria efektivitas tinggi, sementara pada evaluasi masukan atau input mendapatkan skor 2039, prosentase skor 67,79% dengan kriteria efektivitas tinggi, sedangkan pada evaluasi proses skor yang diperoleh adalah 2592, prosentase skor 68,94% dengan kriteria efektivitas yang tinggi, dan pada evaluasi produk dihasilkan skor sebesar 1221, prosentase skor 64,95% dengan kriteria efektifitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak, Prestasi, Klinik Akademik, Efektifitas.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:36
Last Modified: 11 Mar 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum