PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEBELUMNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MA’ARIF ROUDLOTUDDIN BANDONGAN, MAGELANG

DHEWI KUSYANTI PUTRI, NIM. 11410080 (2016) PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEBELUMNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MA’ARIF ROUDLOTUDDIN BANDONGAN, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEBELUMNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MA’ARIF ROUDLOTUDDIN BANDONGAN, MAGELANG)
11410080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEBELUMNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MA’ARIF ROUDLOTUDDIN BANDONGAN, MAGELANG)
11410080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

DHEWI KUSYANTI PUTRI. Perbedaan Minat Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Dan Hadits Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Sebelumnya Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Ma’arif Roudlotuddin Bandongan, Magelang. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah perbedaan latar belakang pendidikan keislaman dengan umum. Perbedaan latar belakang tersebut selanjutnya memberikan efek dominan pada minat belajar peserta didik dalam mempelajari Al Qur’an dan Hadits. Berdasarkan hasil wawancara di MTs Ma’arif Roudlotuddin Bandongan, Magelang, terdapat masalah terkait dengan perbedaan latar belakang pendidikan dalam mempelajari Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits, yang ini akan berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Muncul harapan dengan adanya perbedaan latar belakang pendidikan tersebut menjadi fokus pendidik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi minat belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits pada peserta didik kelas VIII yang berasal dari SD di MTs Ma’arif Roudlotuddin, mengetahui seberapa tinggi minat belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits pada peserta didik yang berasal dari MI di MTs Ma’arif Roudlotuddin, dan menguji secara empiris perbedaan minat belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits ditinjau dari latar belakang pendidikan SD dan MI di MTs Ma’arif Roudlotuddin. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berasal dari SD dan MI yang berjumlah 54 peserta didik dan 1 guru Al Qur’an dan Hadits di MTs Ma’arif Roudlotuddin. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket (telah lolos uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas), lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian mencari nilai rata-rata dari peserta didik yang berasal dari SD dan peserta didik yang berasal dari MI untuk selanjutnya dilakukan penyekoran. Analisis yang digunakan untuk mengetahui adakah perbedaan minat belajar Al Qur’an dan Hadits antara keduanya, menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1. Minat belajar Al Qur’an dan Hadits yang berasal dari SD di MTs Ma’arif Roudlotuddin masuk dalam kategori sedang, 2. Minat peserta didik belajar Al Qur’an dan Hadits yang berasal dari MI di MTs Ma’arif Roudlotuddin masuk dalam kategori sedang, 3. Ada perbedaan minat peserta didik belajar Al Qur’an dan Hadits ditinjau dari latar belakang pendidikan SD dan MI di MTs Ma’arif Roudlotuddin. Hal ini dibuktikan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung = -3,324 < ttabel taraf signifikansi 5% = 2,01, P value = 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Al Qur’an dan Hadits, Latar Belakang Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:38
Last Modified: 11 Mar 2016 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum