IMPLEMENTASI NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA II

NOORRELA ARIYUNITA, NIM. 11410107 (2016) IMPLEMENTASI NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA II)
11410107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA II)
11410107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

NOORRELA ARIYUNITA. Implementasi Nilai Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penlitian ini adalah bahwa perubahan pola pikir manusia yang semakin acuh kepada lingkungan di masa sekarang memicu berbagai kerusakan yang berpengaruh pada keseimbangan alam. Dengan bertambah modernnya kehidupan manusia, semakin bertambah pula perbuatan manusia yang meyebabkan kerusakan di bumi untuk memenuhi segala kebutuhannya. Pendidikan yang merupakan sarana utuk mengembangkan potensi siswa mempunyai andil yang sangat besar untuk mengajarkan nilai peduli lingkungan kepada siswanya. MAN Yogyakarta II merupakan sekolah yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari pemerintah, sehingga dinilai dapat menerapkan nilai kepedulian lingkungan kepada semua siswanya. Selain itu, kurikulum MAN Yogyakarta II telah mengintegrasikan semua mata pelajarannya dengan Pendidikan Lingkungan Hidup. Disinilah peneliti ingin mengetahui bagaimanakah proses implementasi nilai kepedulian lingkungan dalam pembelajaran PAI serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta IIsebagai tempat penelitian. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa MAN Yogyakarta II. Sedangkan obyek penelitiannya adalah penerapan nilai kepedulian lingkungan dalam pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Metode berfikir dalam analisis data penelitian bersifat induktif dengan menghimpun dan menggabugkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi serta digabungkan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai kepedulian lingkungan akan masuk pada diri peserta didik dan akan menjadi nilai karakter apabila diajarkan secara terus menerus dan dikerjakan bersama-sama secara serentak dengan semua warga sekolah dan keluarga. Peran PAI dalam penerapan nilai peduli lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap cara berfikir dan cara bersikap siswa di kehidupan sehari-hari diluar maupun didalam lingkungan sekolah. (2) faktor penghambat implementasi nilai kepedulian lingkungan adalah (a) waktu yang relativ singkat, (b) Perbedaan karakter siswa, (c) kurangnya pengawasan diluar sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: (a) visi dan misi madrasah, (b) APeL (Agen Peduli Lingkungan), (c) Reward and Punishment, dan (e) kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi nilai kepedulian lingkungan, Pembelajaran PAI, dan MAN Yogyakarta II.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:42
Last Modified: 11 Mar 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum