PENERAPAN EKSTRAKURIKULER SINEMATOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

ANANCIA SUSIANTI, NIM. 11410162 (2016) PENERAPAN EKSTRAKURIKULER SINEMATOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EKSTRAKURIKULER SINEMATOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
11410162_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EKSTRAKURIKULER SINEMATOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
11410162_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANANCIA SUSIANTI, Penerapan Ekstrakurikuler Sinematografi dalam Meningkatkan Pengembangan Pendidikan Agama Islam Siswa di MAN 2 Wates Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah Ekstrakurikuler Sinematografi yang biasanya hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang dunia broadcast, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler biasanya hanya untuk mencari hiburan film. Namun ekstrakurikuler sinematografi MAN 2 Wates selalu memproduksi film bernuansa Islam. Hal ini menarik peneliti untuk meneliti lebih jauh apakah dengan siswa mengikuti ekstrakurikuler sinematografi yang memproduksi film bernuansa islam, dapat meningkatkan pengembangan Pendidikan Agama Islam siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di MAN 2 WatesKulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dankuesioner/angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, sehingga dapat ditarik kesimpulan yang objektif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Ekstrakurikuler Sinematografi dalam meningkatkan pengembangan PAI siswa di MAN 2 Wates Kulon Progo Yogyakarta dalam pembuatan film bernuansa Islam telah berjalan optimal. Dengan serangkaian kegiatan dalam ekstrakurikuler sinematografi melalui pendekatan keagamaan dan penerapan metode ceramah, praktik, pembiasaan serta keteladanan maka pribadi siswa lebih terarah. Pada aspek ibadah rutin melaksanakan doa bersama pada awal dan akhir kegiatan, yang dipimpin oleh siswa. Kemudian hasil mengikuti ekstrakurikuler sinematografi religiusitas siswa meningkat, menambah pengembangan Pendidikan Agama Islam siswa, menambah wawasan serta motivasisi swa untuk mendalami kaidah-kaidah Agama Islam. 2) Faktor pendukung penerapan ekstrakurikuler sinematografi di MAN 2 Wates adalah motivasisiswa, sarana dan prasarana, serta guru pendamping dan orang tua siswa juga sangat mendukung. Dengan demikian terlaksananya ekstrakurikuler sinematograf telah berjalan dengan sesuai dengan tujuan. 3) Faktor penghambat dalam ekstrakurikuler sinematografi adalah terbatasnya waktu, dan waktu praktik yang sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M. Pd
Uncontrolled Keywords: MAN 2 Wates, Ekstrakurikuler Sinematografi, Pengembangan PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:48
Last Modified: 11 Mar 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum