KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA

NAFIATUN NADHIROH, NIM. 11410198 (2016) KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA)
11410198_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER DAN PENERAPANNYA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP PIRI 1 YOGYAKARTA)
11410198_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NAFIATUN NADHIROH, Konsep Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner dan Penerapannya Melalui Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP PIRI 1 Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurang efektifnya pembelajaran PAI di SMP PIRI 1 Yogyakarta untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa yang pada umumnya mereka belum mampu bersosialisasi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan temuan peneliti tentang siswa yang masih menunjukkan sikap kurangnya rasa empati, kepekaan, kepemimpinan dan sosialisasi dengan teman-temannya maupun dengan gurunya. Selain itu, dalam proses pembelajaran PAI siswa cenderung kurang aktif sehingga kecerdasan interpersonal rendah antar siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan hasil uji coba konsep kecerdasan interpersonal Howard Gardner dan penerapannya melalui metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil uji coba konsep kecerdasan interpersonal howard gardner dan penerapannya melalui metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP PIRI 1 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) yang menggunakan rancangan eksperimen pretestposttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP PIRI 1 Yogyakarta. Pengambilan sampel melalui sistem purposive sample, dengan jumlah sampling tiap kelas berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data meliputi uji t atau t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan uji coba kecerdasan interpersonal dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas eksperimen sebanyak 5 kali pertemuan dan kemudian dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal pada kelas kontrol. Hasil penghitungan uji-t pada kelas eksperimen dengan nilai M = 129,5 dan SE = 3,683 , sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai M = 103,5 dan SE = 4,314, maka t(46) = 22,456, p < 0,05, r = 0,957. Hal ini membuktikan bahwa penggunaaan metode STAD dalam pembelajaran PAI untuk siswa kelas IX mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:03
Last Modified: 11 Mar 2016 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum