KORELASITINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TEPUS GUNUNGKIDUL

EKA NURUL WIJAYANTI, NIM. 11411008 (2016) KORELASITINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TEPUS GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASITINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TEPUS GUNUNGKIDUL)
11411008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KORELASITINGKAT PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TEPUS GUNUNGKIDUL)
11411008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

EKA NURUL WIJAYANTI. Korelasi Tingkat Pehatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islama Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tepus Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya seorang anak bisa memiliki prestasi dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam yang baik jika anak tersebut mendapatkan perhatian yang tinggi atau cukup dari orang tuanya. Namun kenyataannya, ada anak yang perhatian dari orang tuanya sangat tinggi tetapi prestasi dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islamnya rendah, dan sebaliknya ada anak yang perhatian orang tuanya rendah tetapi prestasi dan motivasi belajar Pendidikan Agamanya tinggi. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang korelasi tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini apakah ada korelasi antara tinggi tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Tepus sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas variabel perhatian orang tua menunjukkan dari 25 butir item terdapat 13 item yang valid dan hasil analisis validitas variabel motivasi belajar menunjukkan dari 12 butir item terdapat 9 item yang valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa dari kedua variabel tersebut dinyatakan reliabel.Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana product moment. Dari hasil olah data maka dapat disimpulkan bahwa (1) hasil dari prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar50%pada kategori sedang. (2) Tingkat perhatian orang tua sebesar 58.3%pada kategori tinggi bagi siswa kelas VII dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 3 Tepus Gunungkidul. (3) Tingkat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 50% pada kategori sedang. (4) ada korelasi yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y yang ditandai dengan angka signifikansi sebesar 0.028 dengan koefisien korelasi sebesar 0.037 untuk variabel X1 dan 0.026 dengan koefisien korelasi sebesar 0.370 untuk variabel X2 dengan taraf signifikansi kurang dari 0.05 (α<0.05) artinya ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. (5)korelasi yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y yang ditandai dengan angka signifikansi sebesar 0.028 dengan koefisien korelasi sebesar 0.370 untuk variabel X2 dengan taraf signifikansi kurang dari 0.05 (α<0.05) artinya ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:09
Last Modified: 11 Mar 2016 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum