STRATEGI QUEEN CARD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X SMK N 2 DEPOK SLEMAN

JIHAN NABILA, NIM. 12410065 (2016) STRATEGI QUEEN CARD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X SMK N 2 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI QUEEN CARD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X SMK N 2 DEPOK SLEMAN)
12410065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
12410065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

JIHAN NABILA. Implementasi Strategi Queen Card Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK N 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imlementasi straegi queen card dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMK N 2 Depok, variasi implementasi strategi queen card, dan problematika yang ditemui dalam implementasi strategi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan guru-guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang berbasis pendekatan saintifk, memvariasikan strategi pembelajaran serta mengatasi berbagai masalah yang muncul dalam implementasi strategi yang digunakan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapanagn (field reaserch). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistik ilmiah, yaitu pendekatan yang berbentuk observasi yang dilakukan tanpa adanya campur tangan sama sekali dari pihak peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan verivikasinya. Analisis data dalam penelitian kualitatif merupakan proses penyederhanaan data dalam bentuk yang mudah dibaca dan diintrepretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Strategi queen card diterapkan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: peserta didik mendengarkan penjelasan materi pelajaran dari guru, kemudian mereka berkumpul berdasarkan kelompok sesuai gambar pada kartu, selanjutnya mereka diminta untuk mendiskusikan materi pelajaran, kemudian mereka diminta untuk rolling kelompok sesuai dengan warna kartu dan berbagi materi yang telah didiskusikan pada kelompok sebelumnya, diakhir pembelajaran hasil sharing materi dipresentasikan dan guru memberikan evaluasikepada setiap peserta didik. Penerapan strategi queen card membantu peserta didik mencapai indikator dan kompetesi pembelajaran secara efektif dan efisien.2)Variasi penerapan strategi queen card dalam pembelajaran PAI dengan pedekatan saintifik berupa pengkolaborasian strategi queen card dengan metode maupun strategi pembelajaran lain, menambah karakter gambar dan macam warna dari kartu, dan penggunaan media lain3)Problematika implementasi strategi queen card pada proses pembelajaran ialah salah perhitungan kartu, perpindahan kelompok, kelompok yang tidak rata, alokasi waktu dan adanya peserta didik yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Problem tersebut dapat diselesaikan langsung oleh guru sehingga tidak menghalangi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Queen Card, Pembelajaran PAI, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:15
Last Modified: 11 Mar 2016 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum