PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN

ANISA FADHILA, NIM. 12410088 (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN)
12410088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN)
12410088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANISA FADHILA. Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bisa membuat siswa tersebut memiliki rasa percaya diri yang baik. Namun kenyataannya ada siswa yang rasa percaya dirinya kurang. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman, untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman, untuk menguji secara empiris pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A, B, dan C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi dan uji regresi sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Sleman masuk dalam kategori baik. 2) Siswa memiliki tingkat rasa percaya diri yang tinggi. 3) Ada pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman (R Square 0,338).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Rasa percaya diri, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:17
Last Modified: 11 Mar 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum