DAMPAK POLA ASUH DEMOKRATIS MELALUI PROGRAM KEPENGASUHAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (RELIGIUSITAS) SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADANIA YOGYAKARTA

RIYANI PUJIANA, NIM. 12410145 (2016) DAMPAK POLA ASUH DEMOKRATIS MELALUI PROGRAM KEPENGASUHAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (RELIGIUSITAS) SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADANIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK POLA ASUH DEMOKRATIS MELALUI PROGRAM KEPENGASUHAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (RELIGIUSITAS) SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADANIA YOGYAKARTA)
12410145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK POLA ASUH DEMOKRATIS MELALUI PROGRAM KEPENGASUHAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (RELIGIUSITAS) SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADANIA YOGYAKARTA)
12410145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)

Abstract

RIYANI PUJIANA. Dampak Pola Asuh Demokratis Melalui Program Kepengasuhan Terhadap Perilaku Keagamaan (Religiusitas) Santri di Pondok Pesantren Madania. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya pengurus pondok yang menggunakan pola asuh otoriter yang membuat santri kurang berkembang dalam proses kehidupannya. Dalam program kepengasuhan pengurus harus bisa memberikan hak agar para santrinya tidak mengalami tekanan batin, termasuk pengurus di Pondok Pesantren Madania menggunakan pola asuh demokratis sebagai pola kepengasuhan supaya tercipta pola asuh yang menyenangkan dan tidak terkesan memaksa kepada para santri. Rumusan yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dampak pola asuh demokratis terhadap perilaku keagamaan di Pondok Pesantren Madania Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Madania. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam terhadap santri madania, pengurus pondok madania, pengasuh pondok, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, yaitu dengan mengecek data ke beberapa sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Dampak pola asuh demokratis sangat penting dalam membentuk perilaku keagamaan santri di Pondok (2) Pembentukan perilaku keagamaan merupakan faktor interaksi antara faktor internal dan faktor eksternal yang terwujud dalam bentuk perilaku keseharian seorang santri pondok. (3) Hasil yang telah dicapai dari pembentukan perilaku keagamaan adalah perubahan perilaku keagamaan yang positif dan menjadi yang lebih baik yang dialami oleh santri di Pondok setelah diadakannya proses kepengasuhan di asrama maupun melalui kegiatan keislaman di luar asrama oleh pengasuh pondok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:24
Last Modified: 11 Mar 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum