HUBUNGAN KOLEKSI REFERENSI DAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO (STUDI PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR)

HENDRIYANTO, NIM. 1120011004 (2015) HUBUNGAN KOLEKSI REFERENSI DAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO (STUDI PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOLEKSI REFERENSI DAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO (STUDI PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR))
1120011004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOLEKSI REFERENSI DAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO (STUDI PADA PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR))
1120011004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (927kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap koleksi referensi dan kualitas layanan referensi Perpustakaan Bung Karno serta hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan bentuk studi lapangan melalui teknik survei. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu pemustaka yang berkunjung pada bagian layanan referensi di Perpustakaan Proklamator Bung Karno selama waktu penelitian diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran variabel penelitian untuk mengetahui persepsi pemustaka atas variabel penelitian berdasarkan skala likert. Adapun teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif statistik dengan uji korelasi dan regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian. Hasil perolehan data mengenai persepsi pemustaka terhadap koleksi referensi Perpustakaan Bung Karno menunjukkan rata-rata skor jawaban sebesar 3,09 termasuk kriteria tinggi. Demikian juga dengan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan referensi Perpustakaan Bung Karno diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 3,07 termasuk kriteria tinggi. Adapun kepuasan pemustaka diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 3,27 termasuk kriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik korelasi untuk mengetahui hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan yaitu nilai koefisien korelasi r sebesar 0,867 (> r tabel 0,195) dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Adapun hubungan antara koleksi referensi dan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan yaitu nilai koefisien korelasi r sebesar 0,864 (> r tabel 0,195) dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Demikian juga hubungan antara kualitas layanan referensi dan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi r sebesar sebesar 0,905 (> r tabel 0,195) dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0.05). Secara simultan (bersama-sama) hubungan antara koleksi referensi dan kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, berdasarkan hasil uji statistik regresi berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 263,542 (> dari F tabel 3,94) dengan taraf signikansi 0,000 (<0,05). Adapun kontribusi koleksi referensi dan kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka diperoleh koefisien determinan Adjusted R Square sebesar 0,845 atau 84,5 %. Sedangkan, sisanya yaitu sebesar 0,155 atau sebesar 15,5 % merupakan kontribusi faktor lain diluar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Musthofa, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Koleksi Referensi, Kualitas Layanan Referensi dan Kepuasan Pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Mar 2016 11:27
Last Modified: 07 Mar 2024 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum