IMPLEMENTASI MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

ARIEF RAHMAN, NIM. 12410245 (2016) IMPLEMENTASI MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
12410245_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
12410245_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Media Edmodo Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media Edmodo dalam pembelajaran PAI, mengetahui prestasi belajar PAI ranah kognitif setelah mengimplementasikan media Edmodo dan mengetahui problematika yang dihadapicara mengatasinya. Latar belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan peran teknologi yang sudah sangat maju dengan adanya internet menciptakan sebuah media pembelajaran yang disebut Edmodo.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi media edmodo oleh guru dalam pembelajaran PAI, bagaimana prestasi belajar PAI setelah mengimplementasikan media edmodo, dan apa sajakah problematika yang dihadapi selama mengimplementasikan media edmodo serta cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi media edmododalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Yogyakarta tidak sepenuhnya menggunakan media edmodo atau sistem konvensional saja, akan tetapi penggabungan keduanya. Dengan kata lain media pembelajaran edmodo berperan sebagai media alternatif pendukung pembelajaran PAI. Implementasi media edmodo dalam pembelajaran PAI melalui dua program pembelajaran yaitu program intrakulikuler dan program ekstrakulikuler. Program intrakulikuler adalah program pembelajaran yang dilakukan di kelas seperti penyampaian materi digital, pemberian tugas. Sedangkan ekstrakulikuler adalah progam yang dilakukan di luar kelas sepertipendalaman materi, ulangan harian, interaksi dan komunikasi. 2)Melalui implementasi media edmodo selama pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru PAI SMA Negeri 4 Yogyakarta, prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif meningkat ditunjukan dengan gambar grafik 2.1 dan gambar grafik 2.2 dimana nilai setiap siswa meningkat. 3) Problematika dalam implementasi media edmodo pada pembelajaran PAI adalah pertama, perlunya koneksi internet yang memadai ketika program pembelajaran ekstrakulikuler, solusinya adalah program pembelajaran tersebut diberikan pada hari libur seperti hari minggu, sehingga apabila ada masalah koneksi siswa lebih leluasa dan dapat memanfaatkan warnet. Kedua, tidak semua siswa memiliki laptop atau smartphone, solusinya adalah guru menganjurkan siswa agar meminjam kepada temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Edmodo, Prestasi Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Mar 2016 11:39
Last Modified: 14 Mar 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum