IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OPEN ACCESS KARYA ILMIAH INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA)

RATNA DWI ASTUTI, SIP., NIM. 1320010016 (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OPEN ACCESS KARYA ILMIAH INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OPEN ACCESS KARYA ILMIAH INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA))
1320010016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OPEN ACCESS KARYA ILMIAH INSTITUTIONAL REPOSITORY PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA))
1320010016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Kebijakan OA Karya Ilmiah IR di PUSD, Manfaat kebijakan OA Karya Ilmiah IR di PUSD, Problematika Kebijakan OA Karya Ilmiah IR di PUSD”. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampling berupa purposive sampling. Subjek penelian ini adalah penentu kebijakan, pengelolaan, dan pelaksana kebijakan open access. Uji keabsahan/ validasi data dalam penelitian berupa uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, dan uji comfirmability. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukan bahwa implementasi kebijakan OA karya ilmiah IR di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma ada 3 yang pertama, cakupan implementasi kebijakan OA karya ilmiah IR di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma terdiri dari beberapa hal yaitu adanya jalur akses terbuka, perpustakaan USD sebagai tempat deposit, Jenis informasi open access karya ilmiah IR perpustakaan USD berupa hasil penelitian, Perpustakaan USD sudah mendapatkan ijin dari persetujuan pemegang hak cipta atau pemilik karya ilmiah untuk meng-upload hasil karya, Adanya kepatuhan pada kebijakan (keputusan Rektor No. 131/V/2012), Adanya Advokasi untuk mendukung kebijakan, Perpustakaan USD memberikan kekecualian terhadap hasil penelitian, Repositori USD berupa akses terbuka ‘hijau’ yaitu perpustakaan USD lebih mengedepankan repository hasil penelitian civitas akademika. Dua, Adanya manfaat kebijakan open access karya ilmiah institutional repository di Perpustakaan USD baik yang diterima dari pihak penulis, peneliti, lembaga, pemustaka, masyarakat umum, dan perpustakaan. Tiga, problematika yang sering terjadi di Perpustakaan USD yaitu: minimnya pengamanan terhadap karya ilmiah, kapasitas file digital dalam sistem, software masih sederhana, content open access karya ilmiah IR perpustakaan USD masih terbatas pada hasil penelitian civitas akademika, Staf bagian pengembangan IR masih merangkap dengan bagian Sarana Prasarana & Sistem Informasi perpustakaan USD, kurangnya sosialisasi terhadap implementasi kebijakan open access karya ilmiah IR yang dimiliki oleh perpustakaan USD, Plagiarism, dan hak cipta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Open Access, Karya Ilmiah, Problematikan Open Aceess.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Mar 2016 15:00
Last Modified: 07 Mar 2024 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum