MOTIVASI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI KASUS DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG)

TASNING HETY WIDIAYANTI, NIM. 1320011007 (2015) MOTIVASI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI KASUS DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI KASUS DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG))
1320011007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI KASUS DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG))
1320011007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Menurut Undang – undang RI no 43 tahun 2007, perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusiaberilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggungjawab. Untuk itulah pemerintah berkewajiban mengembangkan perpustakaan dalam rangka mengemban amanat Undang-undang RI no 43 tahun 2007 tersebut. Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengembangkan perpustakaan adalah dengan memberikan layanan perpustakaan keliling. Hal ini didasari pemikiran bahwa tidak semua warga masyarakat dapat mengakses perpustakaan menetap dikarenakan jauhnya lokasi ataupun hal-hal lain. Pekerja Seks Komersial yang merupakan penduduk mayoritas di lokalisasi, tetap membutuhkan informasi. Namun, kebanyakan dari mereka enggan untuk datang ke perpustakaan.Alasannya, karena mereka malu. Karena itulah, dibutuhkan layanan perpustakaan keliling di lokalisasi untuk memenuhi kebutuhan Pekerja Seks Komersial akan informasi yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi para Pekerja Seks Komersial di Lokalisasi Sunan Kuning Semarang dalam memanfaatkan layanan perpustakaan keliling yang diselenggarakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, dengan mengambil sample 5 orang Pekerja Seks Komersial. Peneliti mengambil lokasi di lokalisasi Sunan Kuning Semarang, karena lokalisasi ini merupakan lokalisasi terbesar di Indonesia setelah lokalisasi Dolly dibubarkan, dan di lokalisasi ini terdapat layanan perpustakaan keliling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi para Pekerja Seks Komersial di Lokalisasi Sunan Kuning Semarang dalam memanfaatkan layanan perpustakaan keliling yang diselenggarakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah adalah dorongan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi. Motivasi ini muncul dengan didahului persepsi positif mereka terhadap layanan perpustakaan keliling di lokalisasi Sunan Kuning Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Pekerja Seks Komersial, lokalisasi, Perpustakaan keliling
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Mar 2016 14:00
Last Modified: 07 Mar 2024 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum