RANCANG BANGUN VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH

SULISTIONO, NIM. 11610033 (2015) RANCANG BANGUN VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH)
11610033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH)
11610033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Logistik berperan penting dalam dunia industri. Pendistribusian produk merupakan salah satu kegiatan logistik. Kegiatan pendistribusian produk ini memiliki berbagai kendala, seperti keterbatasan jumlah dan kapasitas kendaraan milik perusahaan, perbedaan jumlah permintaan konsumen, dan tersebarnya lokasi konsumen. Salah satu usaha yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengoptimalkan pendistribusian produk adalah meminimalkan biaya tranportasi melalui penentuan rute optimal kendaraan. Permasalahan penentuan rute optimal kendaraan dapat direpresentasikan menggunakan graf berarah yang memiliki bobot dan disebut dengan VRP (Vehicle Routing Problem). Depot dan pelanggan dinyatakan sebagai simpul, jalan dinyatakan sebagai busur, dan bobot dinyatakan sebagai jarak antar simpul. Salah satu variasi VRP adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), yaitu VRP dengan kendala kapasitas kendaraan. Kasus CVRP tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Tabu Search. Cara kerja Algoritma Tabu Search dimulai dengan penentuan initial solution menggunakan Nearest Neighbor, evaluasi move menggunakan metode 2-Opt, Relocated, dan Exchange, update Tabu List, kemudian apabila kriteria pemberhentian terpenuhi maka proses Algoritma Tabu Search berhenti jika tidak, maka kembali pada evaluasi move. Proses perhitungan Algoritma Tabu Search dilakukan secara manual dan rancang bangun menggunakan MATLAB pada PT Sinergi Bio Natural. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh dua solusi optimal dengan total jarak optimal sebesar 101,1 km. Solusi optimal pertama diperoleh menggunakan perhitungan manual terdiri dari tiga rute, pertama dari Depot-Chacha Milk Tea 3- Perum Sido Mulyo-Chacha Milk Tea 1-Toko Roti & Katering Asli-Happy Land Medical Centre-Chacha Milk Tea 2-Perum Banteng 3-Perum Banteng 2-Depot (29 km), kedua dari Depot-JIH-Depot (9,2 km), ketiga dari Depot-RSU. Holistika Medika-RS.Panti Rini-Perum Cepoko Indah-RSU. Rajawali Citra-RSU. PKU Muhammadiyah Bantul-Hotel Agung Inn-Depot (62,9 km). Solusi optimal kedua menggunakan perhitungan rancang bangun diperoleh rute kedua sama dengan perhitungan manual, sedangkan rute pertama berawal dari Depot-RSU. Holistika Medika-RS. Panti Rini-Perum Cepoko Indah-RSU. Rajawali Citra-RSU. PKU Muhammadiyah Bantul-Hotel Agung Inn-Perum banteng 2-Depot (63,8 km) dan rute ketiga dari Depot-Perum Banteng 3-Chacha Milk Tea 2-Happy Land Medical Center-Toko Roti & Ketering Asli-Chacha Milk Tea 1-Perum Sido Mulyo-Chacha Milk Tea 3-Depot (28,1 km). Kata Kunci: Vehicle Routing Problem (VRP), Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), Algorima Tabu Search

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Vehicle Routing Problem (VRP), Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), Algorima Tabu Search
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2016 08:45
Last Modified: 17 Mar 2016 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum