PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (STUDI KASUS : PENDISTRIBUSIAN HEWAN QURBAN PPHQ AMM)

RINALDI PERDANA PUTRA, NIM. 11610034 (2016) PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (STUDI KASUS : PENDISTRIBUSIAN HEWAN QURBAN PPHQ AMM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (STUDI KASUS : PENDISTRIBUSIAN HEWAN QURBAN PPHQ AMM))
11610034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (STUDI KASUS : PENDISTRIBUSIAN HEWAN QURBAN PPHQ AMM))
11610034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang luas dan banyak berkaitan dengan kehidupan, penerapan ilmu tersebut salah satunya pada masalah pecarian rute terpendek. Sebuah perusahaan akan mengoptimalkan pendistribusian suatu produk untuk menekan biaya operasional. Dengan mencari rute pendistribusian minimum, perusahaan dapat menekan waktu dan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Permasalahan pencarian rute minimum dapat direpresentasikan menggunakan graf berarah dan memiliki bobot dan disebut dengan TSP (Travelling Salesman Problem). Depot dan pelanggan dinyatakan sebagai simpul, sedangkan jalan dinyatakan sebagai sisi. Kasus TSP tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Artificial Bee Colony (ABC). Cara kerja algoritma ini dimulai dengan menentukan solusi awal yaitu membuat rute pendistribusian secara acak sebanyak n kali lalu dihitung masing-masing jaraknya. Selanjutnya dilakukan inisialisasi solusi kemudian solusi tersebut diperbaiki dengan mencari solusi tetangga. Langkah berikutnya adalah menghitung nilai fitness masing-masing solusi yang akan digunakan untuk menghitung nilai probabilitas. Langkah terakhir yaitu perbaikan solusi dengan menggunakan metode 2-Opt, solusi yang diperbaiki adalah solusi yang tidak mengalami peningkatan setelah dilakukan proses perhitungan. Selanjutnya proses perhitungan berulang dari langkah pertama sampai maksimum iterasi. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh solusi alternatif dengan dua metode. Solusi pertama diperoleh dengan menggunakan perhitungan manual dengan jarak sebesar 11,8 km dan solusi kedua menggunakan program diperoleh jarak optimal sebesar 11,8 km. Kata kunci: Travelling Salesman Problem (TSP), Algoritma Artificial Bee Colony

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Travelling Salesman Problem (TSP), Algoritma Artificial Bee Colony
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2016 09:44
Last Modified: 17 Mar 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum