PERAMALAN INDEKS SAHAM SYARIAH DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR (Studi Kasus: Harga Penutupan Saham Jakarta Islamic Index (JII) Periode Maret 2013 – Oktober 2015)

SITI VAOZIAH, NIM. 11610046 (2016) PERAMALAN INDEKS SAHAM SYARIAH DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR (Studi Kasus: Harga Penutupan Saham Jakarta Islamic Index (JII) Periode Maret 2013 – Oktober 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAMALAN INDEKS SAHAM SYARIAH DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR (Studi Kasus: Harga Penutupan Saham Jakarta Islamic Index (JII) Periode Maret 2013 – Oktober 2015))
11610046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAMALAN INDEKS SAHAM SYARIAH DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR (Studi Kasus: Harga Penutupan Saham Jakarta Islamic Index (JII) Periode Maret 2013 – Oktober 2015))
11610046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peramalan mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia, karena peramalan digunakan untuk memprediksi berbagai kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peramalan digunakan untuk memprediksi harga saham. Pergerakan naik dan turunnya harga saham menjadi perhatian para investor untuk memutuskan membeli atau tidak membeli saham tersebut. Penelitian ini bertujuan menunjukkan proses pembentukan model fuzzy time series Ruey Chyn Tsaur untuk menghitung nilai peramalan indeks saham JII untuk 1 bulan ke depan. Penelitian ini menggunakan harga penutupan saham JII periode Maret 2013 sampai Oktober 2015. Data bersumber dari www.yahoofinance.com. Metode yang digunakan adalah fuzzy time series Ruey Chyn Tsaur, jenis penelitiannya kuantitatif. Alat bantu yang digunakan yaitu software Mathlab 7.1. Langkahlangkah untuk menghitung peramalan yaitu menentuksn universe of discourse, pemisahan universe of discourse ke dalam interval, fuzzifikasi data histori, menentukan fuzzy logical relationships (FLR’s), menentukan FLRG dan menghitung hasil ramalan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai peramalan pada bulan November 2015 yaitu sebesar 731,1000. Artinya nilai peramalan menunjukkan kenaikan dari data aktual sebelumnya meskipun selisihnya cukup besar dengan data aslinya yaitu sebesar 127,0600. Nilai peramalan tersebut akan menarik investor untuk berinvestasi pada saham JII. Kata kunci: peramalan, logika fuzzy, fuzzy time series, fuzzy time series Ruey Chyn Tsaur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ki Hariyadi, M.Ph. 2. Muchammad Abrori, S.Si.,M.Kom.
Uncontrolled Keywords: peramalan, logika fuzzy, fuzzy time series, fuzzy time series Ruey Chyn Tsaur
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2016 09:57
Last Modified: 17 Mar 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum