KORELASI LITERASI INFORMASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA (UKDW) YOGYAKARTA

TITI SUNARNI, NIM.1320011019 (2015) KORELASI LITERASI INFORMASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA (UKDW) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI LITERASI INFORMASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA (UKDW) YOGYAKARTA)
1320011019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KORELASI LITERASI INFORMASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA (UKDW) YOGYAKARTA)
1320011019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat korelasi literasi informasi terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa program studi teknik informatika di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)Yogyakarta, serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan literasi informasi mahasiswa terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa program studi teknik informatika di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melalui indikator seven pillars yaitu Memahami kebutuhan informasi, Mengetahui sumber yang relevan, Strategi pencarian informasi, Menemukan lokasi dan akses, Membandingkan dan mengevaluasi informasi, Mengatur informasi menerapkan dan mengkomunikasikan, Mensintesis dan menciptakan informasi baru dan menyebarkannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 48 responden. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji validitas dan reliabilitas menyatakan reliabel melalui uji validitas dengan menggunakan rumus product moment serta uji reliabilitas dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Sedangkan analisis regresi digunakan untuk mengetahui hubungan variabel penelitian, yaitu hubungan antara Literasi Informasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa program studi teknik informatika di UKDW Yogyakarta. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1)Tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa program studi teknik informatika di UKDW berdasarkan tahapan seven pillars, mencapai nilai paling rendah yaitu 3,458 pada tahap mensintesis, menciptakan informasi baru, dan menyebarkan informasi. Pencapaian nilai terendah pada tahap ini mempengaruhi tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa secara keseluruhan, terutama kemampuan dalam hal mengembangkan gagasan dan menggunakan informasi dengan tepat (information literate person). 2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa program studi teknik informatika UKDW, diperoleh bahwa dari 48 responden masih terdapat 27,08 % IPK mahasiswa belum mencapai nilai memuaskan (dalam rentang nilai 2,76 – 3,50). 3)Perolehan nilai total grand mean sebesar 3,97 yang menunjukkan bahwa Terdapat hubungan yang sangat tinggi antara tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa program studi teknik informatika UKDW dengan pencapaian indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa program studi teknik informatika UKDW.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi informasi, indeks prestasi kumulatif (IPK), mahasiswa, seven Pillars,annova.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Mar 2016 10:06
Last Modified: 07 Mar 2024 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum