MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL-QUR’AN SEBAGAI HABITUS (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN PUTRI ALI MAKSUM KRAPYAK KOMPLEK HINDUN ANNISAH DENGAN PENDEKATAN TEORI PIERRE BOURDIEU)

‘AININ NAFISYAH, NIM. 12530121 (2016) MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL-QUR’AN SEBAGAI HABITUS (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN PUTRI ALI MAKSUM KRAPYAK KOMPLEK HINDUN ANNISAH DENGAN PENDEKATAN TEORI PIERRE BOURDIEU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL-QUR’AN SEBAGAI HABITUS (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN PUTRI ALI MAKSUM KRAPYAK KOMPLEK HINDUN ANNISAH DENGAN PENDEKATAN TEORI PIERRE BOURDIEU))
12530121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL-QUR’AN SEBAGAI HABITUS (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN PUTRI ALI MAKSUM KRAPYAK KOMPLEK HINDUN ANNISAH DENGAN PENDEKATAN TEORI PIERRE BOURDIEU))
12530121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keinginan untuk memberikan keterangan terkait living hadis di Pesantren Putri Ali Maksum Krapyak komplek Hindun Annisah tentang pembelajaran al-Qur’an yang berlangsung di dalamnya. Khususnya tentang pembelajaran al-Qur’an dalam tajwi>d dan hafalan. Sehubungan dengan adanya hadis yang menyatakan keutamaan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, peneliti memandang Pesantren Putri Ali Maksum Krapyak komplek Hindun Annisah, sebagai arena pengamalan hadis tersebut dalam laku keseharian. Pesantren Tah}fi>z} dapat dikatakan merupakan salah satu representasi dari bentuk pembelajaran al- Qur’an secara tata bacaan dan hafalan. Pola pembelajaran al-Qur’an yang terjadi di dalam ruang pesantren, memiliki corak dan karakter khasnya tersendiri. Melihat fakta tersebut, peneliti akan membukanya, dengan menguraikan resepsi para santri terhadap hadis keutamaan pembelajaran al-Qur’an. Karena belum tentu setiap santri mengetahui dan memahami perihal ‘hadis keutamaan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an’ tersebut. Kemudian, peneliti akan mengkorelasikan habitus kehidupan pesantren dengan konsep pembelajaran al-Qur’an. Supaya, praktik pembelajaran al-Qur’an yang selama ini sudah berlangsung di dalam ruang Pesantren dapat lebih ditelusuri keberadaannya secara sistematis. Penelitian ini, termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, adalah wawancara dan observasi terlibat. Jadi, secara purposif, peneliti mengumpulkan data dari penuturan beberapa santri tertentu ditambah dengan data-data yang peneliti dapatkan dari observasi dalam Pesantren terkait. Selanjutnya, jalinan simpul antara keduanya, akan didudukkan dalam studi living hadis. Living hadis sendiri, dalam perspektif sosial merupakan salah satu bentuk pendekatan dalam memandang dan mendudukkan hadis kaitannya dengan fenomena kesosialan yang nampak. Yaitu, perilaku yang ditengarai bersandarkan pada hadis tertentu. Di Pesantren Putri Ali Maksum Krapyak Komplek Hindun Annisah, santri-santrinya mengetahui tentang hadis keutamaan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an dan menerima hadis tersebut sebagai landasan motivasi dalam melakukan pembelajaran al- Qur’an secara intens. Jika didekatkan dengan teori habitus Pierre Bourdiue, bentuk kegiatan dan aktivitas pembelajaran al-Qur’an di Pesantren tersebut }, merupakan sebuah habitus yang mengupayakan terbentuknya pribadi dengan perilaku dan pola pikir berlandaskan al-Qur’an. Pola pendidikan model Pesantren Tah}fi>z}, berhasil membentuk kesadaran akan nilai keutamaan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an, dengan keterbatasan dan kelebihannya tersendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurun Najwah, M.Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 12:59
Last Modified: 17 Mar 2016 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum