ANALISIS FILOSOFIS ATAS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (KAJIAN BERDASARKAN TEORI PENDIDIKAN PROGRESIVISME)

DHIKA THESYANA MAHARANI, NIM. 1120411007 (2016) ANALISIS FILOSOFIS ATAS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (KAJIAN BERDASARKAN TEORI PENDIDIKAN PROGRESIVISME). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FILOSOFIS ATAS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (KAJIAN BERDASARKAN TEORI PENDIDIKAN PROGRESIVISME))
1120411007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FILOSOFIS ATAS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KARYA A. SYAEKHUDDIN DAN HASAN SAEFULLAH (KAJIAN BERDASARKAN TEORI PENDIDIKAN PROGRESIVISME))
1120411007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dhika Thesyana Maharani. “Analisis Filosofis Atas Buku Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Karya A. Syaekhuddin dan Hasan Saefullah (Kajian Berdasarkan Teori Pendidikan Progresivisme)”. Tesis. Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Progresivisme dalam kaitannya dengan pendidikan, memandang bahwa kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang edukatif, eksperimental, terencana dan teratur, menekankan materi kurikulum pendidikan yang bersifat praktispragmatis, dan menganjurkan agar materi kurikulum pendidikan yang tidak terlalu padat menjadikannya cocok jika diterapkan dalam pengajaran bahasa. Anak bisa belajar dengan senang dan aktif. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa yang selama ini dianggap masih sangat sulit. Dalam perkembangannya, ada kecenderungan kandungan pemikiran progresivisme terhadap teori-teori dan praktik-praktik pendidikan dan pengajaran bahasa yang semakin tinggi dari waktu ke waktu juga banyak memunculkan metode-metode pengajaran mutakhir yang semakin bersifat progresif. Meskipun dalam pandangan filsafat progresivisme menyatakan bahwa text book centris harus dihindari karena materi pada sekolah kuno juga sering terpisah dari realitas sosial, ini jelas tidak banyak berguna bagi pemecahan persoalan sosial peserta didik. Materi pendidikan seharusnya juga berorientasi pada integrasi antara realitas sosial dengan teori-teori yang ada, sehingga dalam peningkatannya buku teks yang ada bisa menerapkan prinsip-prinsip pendidikan progresivisme, karena bagaimanapun juga buku teks merupakan salah satu komponen penting dalam pengajaran dan pembelajaran. Selain itu, dengan adanya buku teks, guru dan siswa akan terbantu dalam memperlancar proses belajar-mengajar. Maka dari itu seorang guru diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kritis terhadap keberadaan buku teks sebagai pendukung kurikulum yang berlaku, yang pengadaannya semakin gencar dilakukan. Penelitian ini adalah sebuah upaya mengkaji bagaimana kelayakan buku teks berdasarkan kriteria BSNP dan melihatnya dengan kacamata teori pendidikan progresivisme dari sisi ontologi, epistemologi, dan aksiologi atas sebuah buku teks pelajaran Bahasa Arab kelas VII untuk SMP/MTs, karya A Syaekhuddin dan Hasan Saefullah (PT. ERLANGGA). Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis), secara umum analisis isi adalah sebuah metode untuk menganalisis sebuah teks. Content analysis merupakan sebuah metode penilaian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku. Dan analisis isi dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif, di mana peneliti lebih menekankan pada melihat keajekan isi komunikasi secara kualitatif dan memaknai isi komunikasi, membaca simbol-simbol, serta memaknai isi interaksi simbolis yang terjadi dalam komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks pelajaran bahasa Arab kelas VII untuk SMP/MTs karya A Syaekhuddin dan Hasan Saefullah adalah buku teks pelajaran yang memiliki kualitas yang baik dan layak digunakan untuk dijadikan pegangan dalam pengajaran bahasa Arab pada sekolah x tingkat pertama / Madrasah Tsanawiyah. Apabila buku bahasa Arab tersebut sudah dikatakan baik dan layak menurut kriteria BSNP dari segi materi, penyajian dan bahasa, kemudian bagaimana buku teks ini dilihat dari kacamata teori pendidikan progresivisme ?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks in sejalan dan searah dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan progresivisme, meskipun dalam beberapa hal masih belum sempurna untuk dikatakan sejalan dan searah dengan teori pendidikan ini. Namun buku ini sudah disusun sedemikian rupa dengan materi yang sudah ditentukan dengan penyajian yang sudah dipaparkan dengan pendekatan komunikatif diantaranya yang merupakan salah satu bagian dari prinsip teori pendidikan progresivisme, sehingga buku teks ini bisa dijadikan alternatif untuk membantu dalam proses belajar-mengajar bahasa Arab dalam menerapkan metode-metode yang bersifat progresif kepada para siswa pada jenjang SMP/MTs. Pada dasarnya teori pendidikan progresivisme adalah teori pendidikan yang berkaitan dengan “learning by doing” yang dimaksudkan bahwa siswa akan belajar sebaik-baiknya ketika minat mereka terpenuhi, dan kebutuhan mereka terpuaskan. Dalam praktik dan penerapannya The Progressivist Teacher sangat dibutuhkan, yaitu guru sebagai faciltator, director of learning, guide, dan collaborative partner, dan manajemen kelas berupa democratic dan participatory, serta self directed. Adapun buku teks akan tetap menjadi bagian dari proses belajar-mengajar yang penting, karena dalam praktiknya guru atau murid akan mengalami kesulitan tanpa adanya pedoman atau pendamping yaitu buku teks.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Progresivisme, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 15:29
Last Modified: 17 Mar 2016 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum