APLIKASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN

ENY CHUMAISIYAH, SPD, NIM. 1220410058 (2016) APLIKASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN)
1220410058_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN)
1220410058_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini ditandai dengan adanya kurikulum pendidikan di Indonesia yang senantiasa silih berganti. Pendidikan Persekolahan yang tidak selalu membawa angin segar untuk kenyamanan peserta didiknya. Ditambah dengan adanya situasi pendidikan formal yang memberi warna gelap sejarah pendidikan di Indonesia seperti tawuran, senioritas, Napza, bullying, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya. Homeschooling hadir menawarkan sebuah pendidikan yang memberikan kenyamanan, kebebasan, kemerdekaan untuk peserta didik atau homeschooler yang mempunyai kepadatan aktivitas untuk mengembangkan potensi, minat dan bakatnya sebagai salah satu tujuannya dari sekian belasan tujuan yang lain sebagaimana peneliti telah temukan dari lapangan. Tujuan Penelitian ini untuk melihat aplikasi Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu anak-anak homeschooling di wilayah Kota Tangerang Selatan. Ditemukan bahwa BK sangatlah berguna dalam mengaplikasikan keahlian akademiknya untuk membantu anak-anak homeschooling (HS) terutama dalam memetakan peserta didiknya untuk memilih ketiga program di homeschooling yakni Distance Learning (DL), Komunitas dan Semi komunitas. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi BK dalam membantu anak –anak HS sangatlah relevan dengan menggunakan model pendekatan BK yakni Terapi Rasional Emotif ( TRE ) untuk membimbing pribadi dan sosial. sedangkan Analisis Transaksional (AT) untuk membimbing belajar dan karier anak–anak homeschooling di wilayah Tangerang Selatan. Konsep homeschooling ternyata mempunyai persespsi yang sama dengan pendidikan karakter yang humanis. Sehingga penulis tertarik untuk menelaah literatur tentang pendidikan yang berkarakter yang berkembang di Indonesia. Penulis menemukan adanya kontradiksi penitikberatan dalam tujuan pendidikan formal dengan tujuan pendidikan homeschooling. Dalam pendidikan formal tujuan menitik beratkan pada knowledge-skill-attitude, sedangkan pendidikan informal homeschooling menitik beratkan pada attitude – lifeskill – knowledge. Sehingga disinilah maka homeschooling lebih mengutamakan pendidikan karakter, sikap dan nilai – nilai kehidupan dalam mencapai tujuan pendidikannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Bimbingan dan Konseling, Knowledge, Life Skill, Attitude
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 15:35
Last Modified: 17 Mar 2016 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum