PENGEMBANGAN SOAL UAS BAHASA ARAB BRAILLE BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA

ABDAL CHAQIL HARIMI, SPDI, NIM. 1220411273 (2016) PENGEMBANGAN SOAL UAS BAHASA ARAB BRAILLE BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SOAL UAS BAHASA ARAB BRAILLE BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA)
1220411273_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SOAL UAS BAHASA ARAB BRAILLE BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA)
1220411273_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Abdal Chaqil Harimi, Pengembangan Soal UAS Bahasa Arab Braille bagi Mahasiswa Tunanetra di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga, Tesis (Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, 2015). UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu kampus yang memiliki komitmen untuk menumbuhkan suasana inklusif di dalamnya. Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, kampus ini harus selalu berusaha menciptakan sensitifitas dalam setiap civitas akademik di kampus ini. Selain itu, diharapkan untuk selalu berusaha untuk memberikan infrastruktur yang memadai dan aksesibel bagi mahasiswa difabel baik itu dalam kelas maupun di luar kelas pembelajaran. Selama ini mahasiswa tunanetra masih mengalami kesulitan dan kendala dalam proses UAS Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa. Kendala tersebut adalah bentuk soal yang kurang aksesibel, sulitnya mencari pendamping, dan kurangnya waktu yang dibutuhkan mahasiswa difabel. Berangkat dari beberapa kendala tersebut. Peneliti mencoba untuk melakukan suatu penelitian pengembangan soal UAS Bahasa Arab Braille. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan soal UAS Bahasa Arab braille, untuk mengetahui aksesibilitas soal tersebut, dan untuk mengetahui respon mahasiswa tunanetra mengenai soal tersebut. Penelitian ini penelitian pengembangan yang berdasar pada model Borg and Gall yakni research and development (R&D) dengan prosedur penelitian dimulai dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi/data, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, pembuatan produk masal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi/ pengamatan, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai prosedur pengembangan yang digunakan dimulai dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi/data, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan menunjukkan bahwa soal UAS Braille ini mudah digunakan dalam arti aksesibel untuk digunakan mahasiswa tunanetra karena tulisan memang jelas dan rapi. Selain itu mahasiswa tunanetra sangat mendukung keberadaan model soal seperti ini. Karena hal ini akan membuat mereka mengerjakan soal dengan nyaman dan mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW. Ph.D.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 15:37
Last Modified: 17 Mar 2016 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum