PERBANDINGAN KONSELING ISLAM DAN BUDDHA (STUDI PADA MAJLIS THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH BERJAN PURWOREJO DAN VIHARA MENDUT MUNGKID MAGELANG)

MOH SYAID SYA’RONI, NIM. 1320412267 (2016) PERBANDINGAN KONSELING ISLAM DAN BUDDHA (STUDI PADA MAJLIS THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH BERJAN PURWOREJO DAN VIHARA MENDUT MUNGKID MAGELANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KONSELING ISLAM DAN BUDDHA (STUDI PADA MAJLIS THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH BERJAN PURWOREJO DAN VIHARA MENDUT MUNGKID MAGELANG))
1320412267_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KONSELING ISLAM DAN BUDDHA (STUDI PADA MAJLIS THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH BERJAN PURWOREJO DAN VIHARA MENDUT MUNGKID MAGELANG))
1320412267_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Moh. Syaid Sya’roni, Perbandingan Konseling Islam dan Buddha (Studi pada Majlis Thariqah Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Berjan Purworejo dan Vihara Mendut Mungkid Magelang), Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si.,Psi . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan dan persamaan pendekatan/metode konseling dalam konseling Islami dan konseling Samatha Bhavana Buddha. (2) mengetahui sejauh manakah keberhasilan layanan konseling berbasis agama pada konseli, baik dalam Islam maupun dalam agama Buddha, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana proses konseling terapi Islam di majlis Thariqah Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Berjan Purworejo, (2) bagaimana proses konseling Samatha Bhavana agama Buddha di Vihara Mendut, Mungkid, Magelang, (3) bagaimana perbedaan pada konseling terapi Islam di Berjan Purworejo dan konseling Samatha Bhavana Buddha di Vihara Mendut, Mungkid, Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan Mursyid Thariqah dan Bikkhu. Dokumentasi sebagai pelengkap dari data yang diperoleh untuk kemudian di analisis. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses konseling terapi Islam di majlis Thariqah Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Berjan Purworejo, yaitu melalui pembaiatan, zikir, muraqabah, wasilah dan rabithah serta tawajuh. Sedangkan proses konseling Samatha Bavana Buddha di Vihara Mendut, Mungkid, Magelang, yaitu melalui ceramah dan meditasi Samatha Bhavana. Perbedaan dari kedua konseling tersebut adalah semua kegiatan dalam tariqah adalah untuk bersama dan karena Tuhan. Tuhan selalu hadir dalam setiap proses kegiatan. Sedang dalam Samatha Bhavana kehadiran Tuhan tidak ada, Tuhan tidak berpartisipasi dalam proses, Tuhan tidak dibutuhkan, yang dibutuhkan adalah proses menyatunya pikiran dengan objek. Persamaan proses terletak pada tujuan utamanya yaitu ketenteraman hati dari para penganutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Konseling terapi Islami, thariqah, samatha bhavana
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:25
Last Modified: 18 Mar 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum