ANALISIS BAHAN AJAR DAN METODE PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (PENGGUNAAN KITAB SHARAF KARANGAN KH. ABDURRAHMAN CHUDLORI TEGALREJO)

MOHAMMAD SHOHIBUL ANWAR, SPDI, NIM. 1320410115 (2016) ANALISIS BAHAN AJAR DAN METODE PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (PENGGUNAAN KITAB SHARAF KARANGAN KH. ABDURRAHMAN CHUDLORI TEGALREJO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1320410115_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BAHAN AJAR DAN METODE PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (PENGGUNAAN KITAB SHARAF KARANGAN KH. ABDURRAHMAN CHUDLORI TEGALREJO))
1320410115_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan nonformal yang biasa dilaksanakan di lingkungan pesantren cukup memberikan andil bagi masyarakat Indonesia. Pendidikan di Indonesia yang paling lama umurnya adalah pendidikan di Pesantren. Kurikulum pembelajaran di pondok pesantren masih di dominasi dengan kurikulum kitab klasik (karangan para Ulama). Kitab tersebut kebanyakan tidak mempunyai harakat (gundul), dan untuk bisa membacanya maka harus menguasai Ilmu tata bahasa Arab atau Qowa‟id. Di dalam ilmu tata bahasa Arab terdapat ilmu Nahwu dan Sharaf, keduanya merupakan Ilmu yang berisikan kaidah-kaidah dalam bahasa Arab. Sebagian ahli bahasa berpendapat bahwa ilmu Sharaf harus diajarkan terlebih dahulu dibandingkan dengan ilmu Nahwu. Karena ilmu Sharaf lebih rumit dan susah daripada Ilmu Nahwu. Berkaitan dengan Ilmu Sharaf penulis melakukan penelitian di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berusaha untuk melihat sejauh mana Penggunaan Kitab Sharaf karangan KH. Abdurrahman Chudlori Tegalrejo berkenaan dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah khususnya kelas Imriṭī dan kelebihan dan kekurangan kitab tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; Pengamatan (observation) wawancara (interview) serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berupa mencatat segala keteraturan, pola-pola, penjelasan, konfigurasi yang mungkin, alur klausal, dan preposisi-preposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran Sharaf di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah kelas Imriṭī dengan menggunakan kitab karangan KH. Abdurrahman Chudlori Tegalrejo adalah; metode deduktif, metode ceramah, metode tanya-jawab, metode hafalan, dan metode diskusi. Berkaitan dengan kitab tersebut maka ditemukan kelebihan; yaitu isi materinya lengkap diambil dari beberapa kitab seperti Amtsilati Tasrifiyyah, Nadhom Maqsud, Qowa‟idul „Ilal, Alfiyyah Ibnu Malik, dan lain sebagainya. Di samping itu adanya footnote sehingga diketahui pengambilan materi dari kitab mana. Kekurangannya yaitu; tidak adanya daftar isi sehingga kesulitan untuk mencari pembahasan materi yang diinginkan, pengunaan penulisan kata pengantar dengan Arab Pegon membuat peserta didik tidak memahami keterangan yang berada di dalam kitab tersebut, serta dalam penulisan tidak adanya pendahuluan sehingga tidak diketahui kapan penulisan dimulai dan apa yang menjadi latar belakang kitab tersebut disusun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mohammad Amin, Lc, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:53
Last Modified: 18 Mar 2016 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum