IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA )

M LUKMANUL HAKIM, SPDI, NIM. 1320422025 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA ))
1320422025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK ( STUDI KASUS DI MI NEGERI CISAMBENG MAJALENGKA ))
1320422025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

M. LUKMANUL HAKIM, Implementasi Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Santifik (Studi Kasus di MI Negeri Cisambeng Majalengka). Tesis. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Konsentrasi Sains MI, 2015. Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik seutuhnya yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik atau ilmiah mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Pemerolehan ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan (proses) psikologis yang berbeda. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, keterampilan mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifk, bagaimana implementasinya, dan faktor apa saja yang mempengaruhinya dalam pembelajaran khususnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini yaitu kepala, guru, dan siswa siswi kelas IV MI Negeri Cisambeng Majalengka. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperanserta, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data verifying (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka belum berjalan secara maksimal karena beberapa alasan di antaranya kurang kreatifnya guru untuk mengajukan persoalan-persoalan yang menantang siswa untuk bertanya, kurangnya jumlah alat dan bahan atau materi percobaan bagi tiap siswa untuk mengadakan percobaan, dll. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di MI Negeri Cisambeng Majalengka adalah tipe kepemimpinan guru yang demokratis dan menyenangkan, minimnya pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik, gaya pembelajaran yang di bawakan oleh guru masih monoton tidak variatif dan tidak menggunakan strategi dan model pembelajaran aktif, tingkat kecerdasan siswa yang berbedabeda, minat dan motivasi siswa yang rendah pada pembelajaran IPA, dll.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 10:23
Last Modified: 18 Mar 2016 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum