PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SDIT ULUL ALBAB PURWOREJO)

LAILLA HIDAYATUL AMIN, SPD, NIM. 1320422032 (2016) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SDIT ULUL ALBAB PURWOREJO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SDIT ULUL ALBAB PURWOREJO))
1320422032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SDIT ULUL ALBAB PURWOREJO))
1320422032_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru terhadap kinerja guru SDIT Ulul Albab 1 dan 2 Purworejo. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan kualifikasi akademik dalam suatu organisasi sekolah sebagai suatu sistem akan mempengaruhi kinerja guru. Dengan demikinan diduga kepemimpinan kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dengan kinerja guru khususnya sekolah dasar. Hal ini dapat dikatakan pula semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan semakin sesuai kualifikasi akademik guru dengan tugas mengajarnya, maka kinerja guru akan meningkat pula. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini ditentukan dengan rumus Nomogram Herry King. Populasi sebanyak 58 orang dengan interval kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% (faktor pengali 1,195), maka dapat dihitung jumlah sampel 0,82 x 58 x 1,195 = 56,83 dan dibulatkan 56 orang. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif variabel kepemimpinan kepala sekolah diperoleh mean sebesar 3,1379, kualifikasi akademik diperoleh mean sebesar 2,4483 dan kinerja guru diperoleh mean sebesar 3,8276. Ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5,5%. Pengaruh positif ini berarti bahwa jika kepemimpinan kepala sekolah semakin baik maka kinerja guru meningkat. Ada pengaruh negatif dan tidak signifikan kualifikasi akademik guru terhadap kinerja guru sebesar (-) 2,1%. Pengaruh negatif ini berarti bahwa jika kualifikasi akademik guru semakin meningkat maka belum tentu kinerja guru meningkat. Ada pengaruh pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,4%. Pengaruh positif ini berarti bahwa jika kepemimpinan kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru semakin meningkat maka kinerja guru meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maizer Said Nahdi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Fungsi Kepala Sekolah, Kualifikasi Akademik Guru dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 10:26
Last Modified: 18 Mar 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum