ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NITA SITI MUDAWAMAH, NIM. 1320011035 (2016) ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320011035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN INSTITUTIONAL REPOSITORY DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320011035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebermanfaatan sistem terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengetahui pengaruh kemudahan sistem terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan mengetahui apakah faktor kebermanfaatan dan kemudahan sistem secara bersama-sama berpengaruh terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden. Instrumen pengumpulan data adalah kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Variabel dalam penelitian ini ada 3, yaitu variabel kebermanfaatan (Perceived Usefulness), kemudahan (Perceived Ease of Use) dan variabel Penerimaan (Acceptance of IT) yang diambil dari teori TAM (Technology Acceptance Model) yang merupakan salah satu model penerimaan sistem informasi. Dari hasil analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan, disimpulkan bahwa: 1) Faktor kebermanfaatan sistem mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menyatakan bahwa H1 diterima. 2) Faktor kemudahan sistem mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menyatakan bahwa H2 diterima. 3) Faktor kebermanfaatan dan kemudahan sistem secara bersama-sama berpengaruh terhadap penerimaan Institutional Repository di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menyatakan bahwa H3 diterima. Beberapa saran yang perlu dilakukan, diantranya: 1) Perlunya penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan faktor-faktor lain selain kemudahan dan kebermanfaataan., 2) Pihak perpustakaan perlu meningkatkan kemudahan dan kebermanfaatan pada sebuah sistem yang dipakai agar penerimaan pemustaka juga meningkat. Hal ini dapat dilakukan dengan penyempurnaan modul yang terdapat dalam sistem Institutional Repository serta kemudahan regulasi yang diterapkan di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SS., M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Penerimaan, Institutional Repository, TAM
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Mar 2016 16:16
Last Modified: 07 Mar 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum