PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi Kasus Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta)

SRI WAHYUNI, NIM: 1320511102 (2015) PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi Kasus Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi Kasus Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta))
1320511102_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi Kasus Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta))
1320511102_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

Kendatipun pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9/2006 dan No. 8/2006 (selanjutnya disingkat PBM No. 9/2006 dan No. 8/2006) yang antara lain mengatur tentang pendirian rumah ibadah, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa konflik di seputar rumah ibadah masih tetap saja terjadi. Dari semua ini, memang pengurus FKUB menjadi garda paling depan dalam menyusun agenda menjaga kerukunan dan mensosialisasikan peraturan pemerintah terkait pembangunan rumah ibadah, dan jika kemudian konflik ini terjadi lagi tentu FKUB menjadi organisasi yang paling bertanggung jawab terhadap konflik-konflik tersebut. Karena dalam hal ini FKUB adalah fungsional pemerintah dalam meredakan ketegangan-ketegangan ini. Dalam melakukan penelitian, penulis tidak keluar dari rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana latar belakang dan kronologi terjadinya perusakan Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta? 2) Bagaimana peran FKUB dalam menangani konflik terkait perusakan Gereja di Pangukan, Tridadi, Sleman Yogyakarta? Oleh karena itu kajian dalam tesis ini akan difokuskan pada dua rumusan masalah tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini dianalisis melalui metode deskriptif analisis kualitatif dengan menggunakan teori intervensi pihak ketiga Pruitt dan Rubin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Siswanto Masruri, M.A.
Uncontrolled Keywords: FKUB, konflik
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2016 08:16
Last Modified: 21 Mar 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum