PENGEMBANGAN NOVEL BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

KHASWANDI, NIM. 10680049 (2015) PENGEMBANGAN NOVEL BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN NOVEL BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680049_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN NOVEL BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680049_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan novel biologi yang dikembangkan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate), tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Lembar penilaian berupa angket check list dengan disertai lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, selanjutnya dikonversi berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal dan skala persentase penilaian produk. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA dengan kualitas hasil penilaian Sangat Baik (SB) oleh ahli media (97,5%) dan peer reviewer (84,62%), serta penilaian Baik (B) oleh ahli materi (80%), ahli sastra (72,5%), guru biologi (70,59%), dan respon siswa (79,47%). Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel biologi meliputi religius, jujur, toleransi, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli sosial, serta peduli lingkungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem yang dikembangkan dengan model 4-D layak digunakan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., MA.M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Novel Biologi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Materi Ekosistem.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:09
Last Modified: 22 Mar 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum