PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH

WAHIDATUL RIZKI SELVIANA, NIM. 10680053 (2015) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH)
10680053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH)
10680053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan metode role-playing dan kelas kontrol menggunkan model direct instruction yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru). Alat pengumpulan data berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk data keaktifan belajar siswa dan Independent Sample T-test untuk data hasil belajar, serta analisis deskriptif untuk data tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai p < 0,05 yaitu 0,000 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai p < 0,25 yaitu 0,002 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian angket tanggapan diperoleh persentase rata-rata sebesar 91%. Kesimpulannya bahwa siswa kelas VIID memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap penggunaan metode role playing pada materi pokok pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: metode role playing, keaktifan belajar dan hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:25
Last Modified: 22 Mar 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum