WAHIDATUL RIZKI SELVIANA, NIM. 10680053 (2015) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH)
10680053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERBAH)
10680053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan metode role-playing dan kelas kontrol menggunkan model direct instruction yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru). Alat pengumpulan data berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk data keaktifan belajar siswa dan Independent Sample T-test untuk data hasil belajar, serta analisis deskriptif untuk data tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai p < 0,05 yaitu 0,000 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai p < 0,25 yaitu 0,002 diartikan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian angket tanggapan diperoleh persentase rata-rata sebesar 91%. Kesimpulannya bahwa siswa kelas VIID memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap penggunaan metode role playing pada materi pokok pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dias Idha Pramesti, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | metode role playing, keaktifan belajar dan hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI. |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 09:25 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 09:25 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19922 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |