EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SITI MADINIAH, NIM. 11680016 (2015) EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11680016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11680016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model guided inquiry berbasis scientific approach terhadap hasil belajar IPA biologi pada aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor siswa kelas VII SMP N 14 Yogyakarta T.A. 2014/2015, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model guided inquiry berbasis scientific approach di kelas VII SMP N 14 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan berupa Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 14 Yogyakarta T.A. 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII A (kelas eksperimen), dan kelas VII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan Independent Samples t-test, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U Test, serta tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) model Guided Inquiry berbasis Scientific Approach secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada aspek kognitif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000 < 0,05. (2) model Guided Inquiry berbasis Scientific Approach secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada aspek afektif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,037 < 0,05. (3) model Guided Inquiry berbasis Scientific Approach secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada aspek psikomotor siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000 < 0,05. (4) Penerapan model Guided Inquiry berbasis Scientific Approach mendapat tanggapan sangat baik dengan persentase keseluruhan aspek rata-rata 85,64 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Model Guided Inquiry, Scientific Approach, Ekosistem, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Mar 2016 09:25
Last Modified: 23 Mar 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum