EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA

HERI AGUS STIANTO, NIM. 10690012 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
10690012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
10690012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa strategi pembelajaran berbasis masalah serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN LAB Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, karena populasi hanya berjumlah 2 kelas, dengan kels XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen soal pretest, posttest, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan strategi berbasis masalah efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan nilai posttest dan N-Gain dalam diagram pencar yang memiliki hubungan garis positif. 1) Strategi pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor, dengan hasil nilai N-Gain kelas eksperimen 0.45 masuk dalam kategori sedang lebih besar daripada N-Gain kelas kontrol sebesar 0.09 masuk dalam kategori rendah. Dengan hasil analisis besarnya kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen masuk pada kategori tinggi dan untuk kelas kontrol masuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: PBM, kemampuan berpikir kritis, suhu dan kalor, efektivitas.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Mar 2016 14:45
Last Modified: 23 Mar 2016 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum