PENGGUNAAN TERM DAN SIMBOL ISLAM SEBAGAI IKLAN POLITIK DI TELEVISI PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014 (Studi pada TVOne dan Metro TV Selama Masa Kampanye Pemilu Tahun 2014 di Bulan Maret Sampai Bulan Juli)

MULIATUL FAJRI AKHSAN, NIM : 1220310092 (2015) PENGGUNAAN TERM DAN SIMBOL ISLAM SEBAGAI IKLAN POLITIK DI TELEVISI PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014 (Studi pada TVOne dan Metro TV Selama Masa Kampanye Pemilu Tahun 2014 di Bulan Maret Sampai Bulan Juli). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN TERM DAN SIMBOL ISLAM SEBAGAI IKLAN POLITIK DI TELEVISI PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014 (Studi pada TVOne dan Metro TV Selama Masa Kampanye Pemilu Tahun 2014 di Bulan Maret Sampai Bulan Juli))
1220310092_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN TERM DAN SIMBOL ISLAM SEBAGAI IKLAN POLITIK DI TELEVISI PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014 (Studi pada TVOne dan Metro TV Selama Masa Kampanye Pemilu Tahun 2014 di Bulan Maret Sampai Bulan Juli))
1220310092_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang penggunaan term dan simbol Islam sebagai iklan politik di televisi pada Pemilihan Umum tahun 2014. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan politik sebagai kampanye terbuka pada Pemilu 2014 di televisi dan yang menjadi subyek penelitian adalah mereka para pemilih muslim. Pemilu di negara Indonesia pada tahun 2014 ini memberi banyak pelajaran yang berharga. Jika kita tonton dan saksikan iklan-iklan politik dan kampanye 2014 di televisi sebagai media massa, term dan simbol Islam itu mampu merubah persepsi masyarakat sebagai pendulang suara terhadap seorang calon Presiden dan Wakil Presiden di masing-masing partai. Penggunaan term dan simbol Islam diadikan politik agama untuk mempengaruhi masyarakat. Muncullah problem statement atau pertanyaan; Seberapa besar pengaruhnya? dan mampukah iklan itu dijadikan “jurus sakti” untuk menggaet massa muslim khususnya dan bagaimana iklan politik agama itu mampu mempengaruhi masyarakat melalui media massa? serta apa kontribusi dari penayangannya itu? Term dan simbol Islam yang digunakan sebagai iklan politik di televisi mampu membuat masyarakat sebagai pendulang suara terpengaruh sehingga mampu mendongkrak elektabilitas suara. Iklan itu membangun persepsi di masyarakat sebagai efek positif dari interaksi simbol (interaksionisme simbolik) dari politik agama (teo-politika) terhadap sosok atau tokoh pilihannya itu. Unsur artikulasi kognitif, ekspresi value system dan ekspresi ethical system di dalam iklan itu akan mendongrak elektabilitas khususnya dari suara pemilih muslim, baik pemula maupun lama. Namun demikian, sesuai dengan hasil penelitian di masyarakat; survei dan dengan mempertimbangkan hasil Pemilu membuktikan bahwa dalam hitung-hitungan suara, kemampuan daya pengaruh term dan simbol Islam itu lebih rendah atau lebih sedikit dibanding dengan iklan-iklan umum. Hasilnya, pemilih muslim pemula yang terpengaruh hingga mau mencoblos atau memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 sekitar 16% saja dan yang menginginkan sebesar 33%. Sedangkan pemilih muslim lama sekitar 23% dan yang menginginkan sekitar 31%. Diprediksi tahun Pemilu 2014 jumlah pemilih muslim yang terpengaruh dengan iklan yang menggunakan term dan simbol Islam dalam kisaran angka 19.5%. Jadi term dan simbol Islam yang ditampilkan di televisi memberi imagining yang kuat sampai masuk ke memori otak hingga memberi ingatan ketika hari pencoblosan. Ungkapanungkapan dan ucapan-ucapan atau suasana kebatinan dan lain-lain yang dimunculkan memberikan politik agama yang mampu mempengaruhi masyarakat dari segi elektoral dan perilaku keagamaan karena terjadi interaksi antara penonton dan iklan politik yang mengandung term dan simbol Islam itu. Key Words: Term Islam, Simbol Islam, Iklan Politik, Pemilu, Televisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Key Words: Term Islam, Simbol Islam, Iklan Politik, Pemilu, Televisi.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:18
Last Modified: 28 Mar 2016 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum