PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA “DAILY CHEMISTRY” BERBASIS PENDEKATAN SETS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

AWANDA ERNAWATI, NIM. 11670002 (2015) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA “DAILY CHEMISTRY” BERBASIS PENDEKATAN SETS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA “DAILY CHEMISTRY” BERBASIS PENDEKATAN SETS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
11670002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA “DAILY CHEMISTRY” BERBASIS PENDEKATAN SETS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
11670002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas XI, bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS. Selain itu, bertujuan untuk mengkaji kualitas ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas XI yang telah dibuat berdasarkan penilaian pendidik kimia dan respon dari peserta didik kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS adalah pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan model Borg and Gall. Tahap penelitian dan pengembangan tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba dan penilaian produk, revisi produk. Produk yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dari dosen pembimbing, dosen ahli media, ahli materi, ahli bahasa serta 3 orang peer reviewer, dinilai oleh 3 pendidik kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik kelas XI. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian skala 5 untuk pendidik. Instrumen skala Guttman untuk respon peserta didik dan untuk keterlaksanaan penggunaan ensiklopedia oleh observer. Penilaian kualitas pendidik dan instrumen respon peserta didik terdiri dari 6 aspek, sedangkan instrumen keterlaksanaan penggunaan ensiklopedia terdiri dari 10 aspek. Hasil penilaian, respon dan keterlaksanaan berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas ensiklopedia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS dengan empat unsur SETS yaitu sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Empat unsur tersebut terdapat dalam ensiklopedia yang memberikan penjelasan secara ilmiah, alat-alat yang dibutuhkan, manfaat di lingkungan, dan bagi masyarakat. Berdasarkan penilaian 3 pendidik kimia SMA/MA ensiklopedia ini mendapat kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 94,13%, dan respon dari 10 peserta didik MA kelas XI mendapat presentase keidealan sebesar 91,39%. Adapun persentase keterlaksanaan pembelajaran penggunaan ensiklopedia berdasarkan ujicoba terbatas sebesar 90%. Berdasarkan hasil tersebut, maka ensiklopedia “daily chemistry” berbasis pendekatan SETS sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas XI memiliki kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia kimia, berbasis SETS, materi kelas XI dan sumber belajar mandiri.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:04
Last Modified: 07 Apr 2016 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19982

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum