PENGEMBANGAN BANK SOAL BERKARAKTER HOTS DENGAN SOFTWARE HOT POTATOES PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS FUNGSI E-LEARNING

MIFTAKHUL INTAN NAIMAH, NIM.11670026 (2015) PENGEMBANGAN BANK SOAL BERKARAKTER HOTS DENGAN SOFTWARE HOT POTATOES PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS FUNGSI E-LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BANK SOAL BERKARAKTER HOTS DENGAN SOFTWARE HOT POTATOES PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS FUNGSI E-LEARNING)
11670026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BANK SOAL BERKARAKTER HOTS DENGAN SOFTWARE HOT POTATOES PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS FUNGSI E-LEARNING)
11670026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan bank soal online ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bank soal berkarater HOTS untuk SMA/MA kelas XI materi pokok stoikiometeri (2) mengetahui kualitas bank soal berkarakter HOTS dengan hot potatoes sebagai aplikasi pembuatan bank soal untuk SMA/MA kelas XI yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developement (R&D). Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini hanya mengunakan lima tahapan dari sepuluh tahapan pengembangan pada Borg and Gall, yaitu pengumpulan informasi (research and information collection), perencanaan (planning), pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), ujicoba lapangan awal (preliminary field testing), dan revisi hasil ujicoba (main product revision). Produk ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli evaluasi, ahli media, dan peer reviewer. Bank soal berkarakter HOTS diujicobakan kepada 50 mahasiswa pendidikan kimia dan dianalisis oleh satu guru kimia SMA/MA. Penilaian produk dilakukan oleh dua orang guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Ujicoba soal menggunakan ujan tertulis (Paper test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 soal memiliki validitas empiris baik, 18 soal cukup baik, dan 21 soal tidak baik. Tingkat kesukaran soal yaitu sulit, sedang, dan mudah. 24 soal sulit, 22 sedang, dan 4 soal mudah. Daya beda pada soal pada rentang -0,276 sampai -0,008 kategori tidak baik sebanyak 21 soal, rentang 0,235 sampai 0,282 kategori cukup baik sebanyak 6, dan rentang 0,307 sampai 0,584 kategori baik sebanyak 23 soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: bank soal, HOTS, stoikiometri, hot potatoes.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Mar 2016 11:21
Last Modified: 07 Apr 2016 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum