AL RABAT WA AL IRTIBAT FI KHITAB AL IFTITAHIYYAH LI AL JARIDAH AL AWNULINIYYAH QANAT AL 'ALAM AL MANSHURAH SANAH 2013 (DIRASAH TAHLILIYYAH KHITABIYYAH) = ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA TAJUK RENCANA PADA KORAN ONLINE “QANAT AL’ALAM” TERBIT PADA TAHUN 2013

TOTOK HARIANTO, NIM. 11110066 (2016) AL RABAT WA AL IRTIBAT FI KHITAB AL IFTITAHIYYAH LI AL JARIDAH AL AWNULINIYYAH QANAT AL 'ALAM AL MANSHURAH SANAH 2013 (DIRASAH TAHLILIYYAH KHITABIYYAH) = ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA TAJUK RENCANA PADA KORAN ONLINE “QANAT AL’ALAM” TERBIT PADA TAHUN 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL RABAT WA AL IRTIBAT FI KHITAB AL IFTITAHIYYAH LI AL JARIDAH AL AWNULINIYYAH QANAT AL 'ALAM AL MANSHURAH SANAH 2013 (DIRASAH TAHLILIYYAH KHITABIYYAH))
11110066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54MB) | Preview
[img] Text (AL RABAT WA AL IRTIBAT FI KHITAB AL IFTITAHIYYAH LI AL JARIDAH AL AWNULINIYYAH QANAT AL 'ALAM AL MANSHURAH SANAH 2013 (DIRASAH TAHLILIYYAH KHITABIYYAH))
11110066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Anaisis kohesi dan koherensi dalam wacana tajuk rencana pada penelitian ini difokuskan pada koran online “Qanat Al- ‘Alam” yang terbit pada Oktober tahun 2013. Koran “Qanat Al- ‘Alam” adalah salah satu koran online berbahasa Arab yang diterbit di Teheran, Iran. Wacana akan mudah dipahami bila terdapat kohesi (kepaduan dalam bentuk) dan koherensi (kepaduan dalam makna). Kepaduan makna dan kerapian bentuk merupakan faktor penting untuk menentukan tingkat keterbacaan dan keterpahaman sebuah wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kohesi dan koherensi apa saja yang terdapat pada koran Qanat Al- ‘Alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berupa penelitian kepustakaan. Penelitian ini ditempuh dengan melewati tiga tahapan strategis, yaitu tahap penyedian data, tahap analisis data, dan penyajian analisis data. Ada pun teknik pengumpulan data berupa dokumentasi koran online “Qanat Al- ‘Alam”. Berdasarkan data analisis yang telah peneliti lakukan, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada koran online “Qanat Al- ‘Alam” yang terbit pada Oktober tahun 2013 terdapat jenis kohesi yang berupa kohesi gramatikal dan leksikal serta koherensi paragraf dan makna. Kohesi gramatikal terdiri dari pronomina (pronomina diri pertama tunggal, pronomina diri pertama jamak, pronomina penunjuk), elipsis (elipsis klausa), subtitusi (subtitusi kata) dan konjungsi (konjungsi adversatif, klausal, koordinatif, temporal) dan kohesi leksikal yang terdiri dari repetisi, sinonim dan antonim (hiearirkial). Kemudian koherensi dari segi paragraf terdiri dari adisi, seri, pronomina, sinonim, lokasi, dan waktu. Ada pun dari segi makna terdiri dari sebabakibat, sarana-hasil, sarana-tujuan, latar-kesimpulan, dan hubungan perbandingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kohesi, koherensi, tajuk rencana, qanat al 'alam
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Apr 2016 09:46
Last Modified: 01 Apr 2016 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum