IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM

M. AMIN ABDULLAH, DKK (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. ISBN 978-602-72084-8-3

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM)
M AMIN ABDULLAH, DKK - IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dalam pemikiran pendidikan dapat diklasifikasikan kepada: Pertama Sosio-Historis. Persoalan sosio-historis ini berkaitan dengan perkembangan pendidikan Islam dari masa ke masa, sejak Nabi Muhammad SAW, Khulafa al-Rasyidun, Bani Umayyah, Bani Abbas, modern, kontemporer dan seterusnya. Dalam sosio-historis paling tidak mengandung (1) kesinambungan, (2) perubahan dan (3) sebab akibat (causality). Kedua, pemikiran dan teori kependidikan/persoalan landasan atau fundasional (foundational problems of education). Masalah-masalah landasan pendidikan ialah keseluruhan masalah yang mendasari segenap praktek pendidikan dan mendasari segenap lembaga pendidikan yang dibangun untuk melaksanakan tindakan-tindakan pendidikan. Landasan-landasan pendidikan dapat berwujud berupa landasan filosofis, psikologis, biologis, antropologis, ekonomi, demografis, sosiologis dan politis. Ketiga, persoalan struktural lembaga pendidikan (structural problems of educational institutions). Masalah-masalah struktur lembaga pendidikan ialah keseluruhan masalah yang berhubungan dengan struktur lembaga yang digunakan untuk melaksanakan tindak pendidikan. Masalah yang paling banyak dibicarakan dalam hal ini sampai sekarang ialah masalah sistem pendidikan Islam (tujuan, materi, pendidik-peserta didik, starategi pendidikan dan evaluasi) dan menajemen pendidikan Islam. Keempat, kajian metodologis/persoalan operasional pendidikan (operational problems of education). Masalah-masalah operasional pendidikan ialah keseluruhan masalah tentang cara melaksanakan tindak pendidikan, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan formal di sekolah maupun dalam lingkungan pendidikan non formal di luar sekolah. Keempat bidang kajian tersebut pada hakikatnya dimaksudkan agar dapat membentuk manusia seutuhnya baik dimensi lahir maupun batin dan menjadi pembawa rahmat bagi seluruh sekalian alam.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: INTEGRATIF-INTERKONEKTIF, PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Apr 2016 15:31
Last Modified: 18 Apr 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum