PENDAPAT MAHASISWA S-1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG SUDAH MENIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)

DARANIA ANISA, NIM. 12350004 (2015) PENDAPAT MAHASISWA S-1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG SUDAH MENIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAPAT MAHASISWA S-1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG SUDAH MENIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
12350004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAPAT MAHASISWA S-1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG SUDAH MENIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
12350004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan bentuk terkecil dari organisasi yang memiliki tujuan yaitu kesejahteraan. Kesejahteraan dalam Islam diwujudkan dalam bentuk keluarga sakinah. Setiap keluarga mendambakan kehidupan yang tenang, tenteram dan penuh kasih. Setiap keluarga akan mengupayakan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga yang ditempuh dengan berbagai cara. Hal ini juga dijumpai pada mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sudah menikah. Mahasiswa yang dalam kesehariannya masih disibukkan dengan berbagai tugas kampus dituntut untuk membagi peran dalam mengurus keluarga dengan statusnya sebagai kepala rumah tangga ataupun istri/ibu dalam keluarga. Adapun pokok masalah dalam penulisan skripsi ini sebagai berikut: Bagaimana pendapat mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sudah menikah terhadap konsep keluarga sakinah dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah pada mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga yogyakarta yang sudah menikah tersebut. Penelitian ini merupakan Field Research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggali bagaimana pemahaman mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sudah menikah tentang konsep keluarga sakinah. Penelitian ini penelitian kualitatif, bersifat deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur terhadap mahasiswa S-1 yang sudah menikah. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif, kemudian ditarik kesimpulan secara umum dengan pendekatan normatif-psikologis. Pendekatan hukum Islam yang dipakai untuk menganalisis konsep keluarga sakinah mahasiswa S-1 yang sudah menikah adalah ayat-ayat al-Qur’an, hadis, dan maqāṣid s a ’ah. Sementara pendekatan psikologis yang digunakan adalah konsep psikologi keluarga. Hasil penelitian konsep keluarga sakinah menurut mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sudah menikah bahwa konsep keluarga sakinah yaitu keluarga yang didalamnya mengutamakan keharmonisan, kasih sayang, saling percaya, ketenangan, kedewasaan dan rasa aman dengan didasari mencari ridho Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hukum islam atau secara normatif dan konsep psikologi keluarga. Secara konsep psikologi keluarga tahapan yang harus dicapai adalah setiap anggota keluarga dapat merasakan ketenangan dan kedamaian, mempunyai jiwa yang sehat, dan pertumbuhan mental yang baik. Sedangkan secara hukum Islam atau normatif dapat dilihat dari maqāṣid syari’ah: hifz al-din, hifz al-nafs, hifz al-nasl, hifz al – ‘aql, hifz al -māl. Mahasiswa S-1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sudah menikah telah mengupayakan kedua konsep tersebut dalam membina rumah tangganya menjadi keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Ermi Suhasti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: mahasiswa uin sunan kalijaga yogyakarta yang sudah menikah,konsep keluarga sakinah
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Apr 2016 15:58
Last Modified: 15 Apr 2016 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum