TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI DESA DEMPET KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014)

IFTIDAH, NIM. 12350028 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI DESA DEMPET KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI DESA DEMPET KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014))
12350028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI DESA DEMPET KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014))
12350028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara dua insan sebagai pasangan suami istri yang akan membangun keluarga. Sehingga untuk membangun sebuah keluarga harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan syarat dan rukun pernikahan. Wali merupakan salah satu rukun yang harus ada dalam pernikahan tersebut. Posisinya menentukan sah dan tidaknya pernikahan. Hal ini dijelaskan di dalam al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW. sebab walilah yang nantinya akan mengikrarkan ijab dengan mempelai laki-laki sebagai pengganti atas anak yang berada di bawah perwaliannya. Meskipun demikian, realitas yang terjadi di suatu daerah masyarakat Muslim memperlihatkan fenomena yang berbeda. Kedudukan wali yang cukup signifikan tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh wali terutama di saat prosesi akad nikah. Para wali yang berhak menikahkan perempuan yang berada di bawah perwaliannya justru mewakilkan haknya kepada orang lain yang dianggap mampu untuk menggantikan dirinya. Biasanya yang mendapat amanat dari wali untuk menjadi wakilnya adalah petugas KUA dan kiai setempat. Dari kasus tersebut, penulis ingin mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat terkait taukil wali dalam akad nikah. Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak adalah tempat peneliti melakukan penelitian, dimana masyarakat tidak menggunakan haknya sebagai wali nikah secara maksimal untuk menikahkan anaknya sendiri. Adapun fungsi dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan juga untuk melihat bagaimana analisis hukum Islam dan hukum Positif yang berbicara tentang masalah taukil wali nikah yang terjadi di Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dimana data yang penulis peroleh melalui wawancara dan dokumentasi kepada para tokoh masyarakat dan masyarakat sebagai pihak yang telah melakukan taukil wali nikah. Selanjutnya kepada tokoh agama dan Kepala KUA sebagai pihak yang mengetahui dan menyaksikan langsung prosesi taukil wali nikah yang terjadi di Desa Dempet, kemudian data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif. Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan, penulis juga melakukan pendekatan normatif-yuridis, yaitu mencari data dari buku-buku, karya ilmiah, perundang-undangan dan sumber-sumber lainnya yang mendukung dan berkaitan dengan penelitian skripsi ini. Kesimpulan penelitian ini adalah jelaslah sudah peristiwa yang terjadi di masyarakat Desa Dempet Kecamatan Dempet Kabupaten Demak hukumnya adalah boleh, sebab yang dilakukan oleh masyarakat telah memberikan manfaat terhadap sesama manusia karena dengan adanya taukil wali nikah tersebut telah membantu memudahkan urusan sesama manusia. Selain itu, taukil wali nikah merupakan suatu bentuk tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketakwaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abu Bakar Abak, MM.
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, taukil wali nikah, wali nikah
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2016 09:03
Last Modified: 18 Apr 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum