MANAJEMEN PELATIHAN KADER MUBALLIGH HIJRAH YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ZUHRONIA UMILATI, NIM. 12240008 (2016) MANAJEMEN PELATIHAN KADER MUBALLIGH HIJRAH YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELATIHAN KADER MUBALLIGH HIJRAH YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
12240008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELATIHAN KADER MUBALLIGH HIJRAH YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
12240008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zuhronia Umilati (12240008), Manajemen Pelatihan Kader Muballigh Hijrah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Gandu Sendangtirto Berbah Sleman DIY Tahun Ajaran 2014/2015, skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Yogyakarta. Februari 2016. Permasalahan yang sering terjadi pada organisasi dakwah, lebih kompleksnya masalah yang dituntut atas keterbatasan subjek dakwah dari pihak tenaga manajemen dakwah seperti pelatih para muballigh. Penyelenggaraan pelatihan dakwah hendaknya dapat dikelola dengan baik, khususnya pelatihan untuk para muballigh sebaiknya menggunakan manajemen pelatihan yang matang untuk mencapai tujuan dan target dari penyelenggaraan pelatihan tersebut, serta untuk mencapai tujuan organisasi dakwah tersebut. Namun manajemen pelatihan yang matang tersebut kadang kurang direalisasikan secara maksimal, hanya sebatas bayangan dan angan-angan saja. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri dalam penelitian ini adalah salah satu amal usaha PDHI (Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia) DIY. Pondok Pesantren ini memiliki falsafah berdasarkan visinya yaitu “Mencetak Generasi Mukmin, Mu’allim, Muballigh dan Mujahid yang Mukhlis.” Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri sebagai lembaga dakwah juga mengadakan pelatihan bagi kader muballigh hijrah dengan tujuan agar ketika diterjunkan ditengah-tengah masyarakat, para kader muballigh dapat mewujudkan visi Pondok Pesantren. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pelatihan kader muballigh hijrah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Gandu Sendangtirto Berbah Sleman DIY Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bersifat baru. Penulis belum menemukan hasil penelitian yang secara khusus meneliti manajemen pelatihan kader muballigh hijrah, apalagi dilaksanakan di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Tahun Ajaran 2014/2015. Maksud manajemen pelatihan ini adalah aplikasi fungsi manajemen pelatihan yang diatur secara sistematis mulai dari merencanakan survei kebutuhan pelatihan sampai ke tahap evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptifkualitatif. Dalam teknisnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah data-data terkumpul kemudian mengklasifikasikan, mengedit dan menyajikan data sesuai jenis masingmasing data. Sebelum data terkumpul dianalisa dahulu dan pengecekan keabsahannya melalui metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan muballigh hijrah dilaksanakan atas dasar citra moral pondok yang diwujudkan dalam visinya. Demi terwujudnya visi tersebut, maka diadakan pelatihan muballigh hijrah dengan kesimpulan bahwa secara keseluruhan pondok pesantren telah menerapkan unsur-unsur penting dalam manajemen pelatihan dakwah, namun belum dikelola secara sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Andy Darmawan,M. Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelatihan, Kader Muballigh, Pondok Pesantren
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2016 13:12
Last Modified: 18 Apr 2016 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum