STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA (BPRS BDW) YOGYAKARTA

YUNIATI, NIM. 12240104 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA (BPRS BDW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA (BPRS BDW) YOGYAKARTA)
12240104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA (BPRS BDW) YOGYAKARTA)
12240104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yuniati (12240104) - Skripsi berjudul Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) Yogyakarta tahun 2016. Sumber Daya Manusia atau sering disebut SDM merupakan aset terpenting yang dimiliki setiap perusahaan, karena setiap aktivitas dan kegiatannya melibatkan SDM. Akan tetapi kemampuan dan pengetahuan SDM pada dasarnya terbatas, sehingga diperlukan sebuah konsep strategis dalam mengelola SDM salah satunya yaitu melalui pengembangan SDM. Termasuk juga dalam sebuah perbankan syariah yang sejauh ini perkembangannya semakin meningkat. Dalam menghadapi tantangan, perbankan syariah harus memiliki SDM syariah yang kompeten. SDM syariah yang dimaksud yaitu SDM yang memiliki mental dan sikap ukhuwah islamiyah serta pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. SDM syariah yang kompeten menjadi kunci berkembangnya perbankan syariah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu direktur, personalia dan karyawan BPRS BDW, sedangkan obyek penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan strategi pengembangan SDM berbasis syariah di BPRS BDW. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi jangka pendek pengembangan SDM berbasis syariah di BPRS BDW yaitu dengan orientasi dan pelatihan serta pengembangan karier melalui sistem mentor, coaching, beasiswa/pendidikan lanjut, rotasi jabatan, promosi dan demosi. Pendekatan islam dalam pengembangan SDM syariah dilakukan dengan metode tilawah, taklim, tazzkiyah dan metode hikmah. Dengan berbagai program dan pendekatan ini, bagi peneliti strategi pengembangan SDM berbasis syariah di BPRS BDW sudah relevan dengan perubahan dan perkembangan perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan SDM, SDM Syariah, BPRS BDW
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2016 13:33
Last Modified: 18 Apr 2016 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum