PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN JASA ( STUDI KASUS RSI HIDAYATULLAH YOGYAKARTA )

SRI MURTINI, NIM. 11390025 (2016) PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN JASA ( STUDI KASUS RSI HIDAYATULLAH YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN JASA ( STUDI KASUS RSI HIDAYATULLAH YOGYAKARTA ))
11390025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN JASA ( STUDI KASUS RSI HIDAYATULLAH YOGYAKARTA ))
11390025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan bisnis yang semakin turbulen dan kompetitif menuntut perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan jaman. Penilaian dan pengukuran kinerja perusahaan sangat penting untuk kelangsungan perusahaan dan mampu membantu perusahaan dalam mencapai target di masa depan dengan cara melihat kinerja perusahaannya. Balanced Scorecard adalah salah satu alat pengukuran kinerja perusahaan yang menggunakan 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.Balanced Scorecard sebagai pebaikan atau pengukuran kinerja eksekutif, lalu berkembang menjadi kerangka perencanaan strategik dan sekarang berkembang lagi menjadi pengelolaan kinerja berbasis personel.Rumah Sakit Islam Hidayatullah merupakan salah satu Rumah Sakit kecil di Yogyakarta yang mampu bersaing dengan Rumah Sakit lain yang ada di Yogyakarta. Tujuan dari pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard di Rumah sakit Islam Hidayatulah adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan selama 3 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan skor pada indikator yang ditentukan dengan melihat ukuran atau standar yang ditetapkan Rumah Sakit Islam Hidayatullah. Kinerja Rumah Sakit Islam Hidayatullah dengan Balanced Scorecard dalam periode 2012, 2013 dan 2014 dalam perspektif keuangan dinilai dari presentase ROA (Return On Asset) dan BOPO (Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional). Hasil ROA tidak mencapai target terjadi pada tahun 2014. Untuk BOPO mencapai target setip tahunnya. Perspektif pelanggan dinilai dari pertumbuhan unit rawat inap, pertumbuhan unit rawat jalan, retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan. Pada perspektif pelanggan ini yang selalu tidak mencapai target selama 3 periode secara berturut-turut adalah retensi pelanggan. Perspektif proses bisnis internal, penilaian dilakukan dari Proses Operasi Standar Pelayanan menurut Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1171/Menkes/Per/VII/2011 yang di dalamnya terdiri dari ALOS (Average Leght Of Stay), BOR (Bed Occupancy Ratio), TOI (Turn Over Internal), BTO (Bed Turn Over), GDR (Gross Death Rate) dan NDR (Nett Death Rate. Dari sasaran strategi diatas yang tidak mencapai standar ALOS dan BTO berturut-turut selama 3 periode, sedangkan TOI hanya tahun 2014 yang tidak mencapai target. Dan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, yang belum mencapai standar yang ditetapkan adalah retensi karyawan selama 3 periode berturut-turut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.Si., Ak, CA 2. JOKO SETYONO, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja,Balanced Scorecard, Perspektif
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2016 14:14
Last Modified: 18 Apr 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum