PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, PENDAPATAN NASIONAL DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2007-2015

LUDFI ICHLASUL AMAL, NIM. 11390085 (2016) PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, PENDAPATAN NASIONAL DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2007-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, PENDAPATAN NASIONAL DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2007-2015)
11390085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, PENDAPATAN NASIONAL DAN SUKU BUNGA BI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2007-2015)
11390085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh inflasi, nilai tukar, pendapatan nasional dan suku bunga BI terhadap Jakarta Islamic Index. Objek penelitian ini adalah indeks harga saham JII triwulanan selama periode 2007-2015. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah data indeks harga saham JII yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah data triwulanan dari Januari 2007 sampai dengan September 2015 sehingga terpilih sebanyak 35 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data presentase triwulanan untuk tingkat inflasi dan suku bunga BI. Data triwulanan nilai tukar dalam satuan rupiah dan data triwulanan pendapatan nasional dalam satuan miliar rupiah. Sedangkan data indeks harga saham adalah indeks harga saham JII yang diambil dari www.duniainvestasi.com, www.bi.go.id, www.bps.go.id dan situs atau sumber lain yang relevan. Untuk mencapai tujuan penelitian, maka dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uj F-statistik dan uji t-statistik, pada taraf 5%. Berdasarkan hasil uji-F menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar, pendapatan nasional dan suku bunga BI secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Jakarta Islamic Index (JII). Adjusted R2 sebesar 0,762 yang berarti bahwa semua variabel dependen sebesar 76,2%, sedangkan sisanya sebesar 23,8% dijelaskan atau dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial dengan uji-t menunjukan bahwa variabel kurs berpengaruh negatif signifikan terhadap indeks harga saham JII. Variabel pendapatan nasional berpengaruh positif signifikan terhadap indeks harga saham JII. Sedangkan variabel inflasi dan suku bunga BI tidak berpengaruh signifikan terhadap indeks harga saham JII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. GHAFUR WIBOWO., SE.,M.Sc 2. H.M.YAZID AFANDI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: inflasi, nilai tukar, pendapatan nasional, suku bunga BI, indeks JII, regresi linear berganda
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2016 14:24
Last Modified: 18 Apr 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum