METODE PENDIDIKAN NILAI KH ALI MAKSUM KEPADA PARA SANTRI MELALUI MODAL SOSIAL DAN CERITA-CERITA

HIDAYATULLAH, NIM. 08410072 (2016) METODE PENDIDIKAN NILAI KH ALI MAKSUM KEPADA PARA SANTRI MELALUI MODAL SOSIAL DAN CERITA-CERITA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN NILAI KH ALI MAKSUM KEPADA PARA SANTRI MELALUI MODAL SOSIAL DAN CERITA-CERITA)
08410072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN NILAI KH ALI MAKSUM KEPADA PARA SANTRI MELALUI MODAL SOSIAL DAN CERITA-CERITA)
08410072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)

Abstract

HIDAYATULLAH Metode Pendidikan Nilai KH Ali Maksum Melalui Modal Sosial Dan Cerita-Cerita. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang Pelaksanaan pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa Indonesia. Dalam prakteknya, masyarakat ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa ini, tidak hanya segi materi dan moril, namun telah ikut pula serta memberikan sumbangsih yang signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan Peran seorang pengajar dalam memberikan pendidikan kepada para santrisantrinya mempunyai cara (metode) sendiri-sendiri, seperti metode yang digunakan oleh KH Ali Maksum dalam memberikan pelajarannya, dengan menggunakan pendekatan sosial, KH Ali Maksum berhasil membentuk mental dan kerpibadian yang sesuai dengan agama Islam dan tidak ketinggalan dengan pendidikan modern. Kegiatan Belajar mengajar dari seorang Kyai kepada para santri merupakan suatu bentuk dari modal sosial. Coleman menyebutkan bahwa terdapat tiga pilar modal sosial, yaitu trust (kepercayaan), inform (informasi), norm (norma-norma). Selain itu, materi pendidikan yang memang lebih kepada kejadian nyata dalam kehidupan dengan solusi-solusinya mampu diterapkan oleh para peserta didik di dalam menuntut ilmu kehidupan sehari-hari mereka, materi pengajian yang disampaikan oleh kyai, tetapi juga dari contoh nyata dan interaksi dengan sesama anggota pengajian. Metode pendidikan melalui modal sosial, cerita dan praktik langsung. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil subjek penelitian berupa buku atau dokumen serta informasi. Pengumpulan data dilkukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara, yaitu mencatat peristiwa yang sudah berlalu yang berupa tulisan, cerita-cerita, atau karya monumental dari seseorang. Analisis data dilakukan dengan content analysis, yaitu penganalisis data-data yang telah diperoleh dari penelitian. Setelah analisis data barulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pendidikan nilai KH Ali Maksum melalui modal sosial dan cerita-cerita sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari peserta didik, karena dengan modal sosial hubungan antara pengajar dan peserta didik bisa terjalin baik, saling menghormati, saling percaya, dan saling bertanggung jawab. Dengan metode cerita-cerita para peserta didik bisa terinspirasi dan menggugah semangat dari cerita yang diceritakan KH Ali Maksum selain dengan cerita juga dengan praktek langsung, bertujuan untuk memberikan contoh kepada peserta didik dengan mempraktekan langsung tentang pendidikan ilmu pengetahuan supaya peserta didik bisa meneliti menafsirkan dan berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendidikan nilai modal sosial dan cerita
Uncontrolled Keywords: Drs. Mujahid, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 10:48
Last Modified: 19 Apr 2016 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum